BPBD Kabupaten Barito Selatan Dapatkan Bantuan Sebanyak Dua Unit Mobil Dari Pemprov Kalteng

0
18
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan mendapatkan bantuan sebanyak dua unit mobil dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah untuk penanggulangan Kebakaran Hutan, dan Lahan (Karhutla). Newsbin, pada Rabu, 9 Februari 2022.

“Bantuan yang diterima yakni dua unit mobil tersebut terdiri dari mobil tangki air kapasitas delapan ribu liter dan mobil single kabin, serta tiga unit mesin pemadam apung,” Ujar Alip Suraya, Kepala Pelaksana BPBD Barito Selatan.

Ia mengatakan, bantuan itu berasal dari Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam Kehutanan Dana Reboisasi (DBHDR) tahun 2021, dan bantuan diserahkan Gubernur Kalimantan Tengah melalui Kepala Dinas Kehutanan Provinsi kepada Sekda Barito Selatan selaku Kepala BPBD beberapa waktu lalu.

“Dua unit mobil serta tiga mesin pemadam apung ini akan digunakan untuk penanggulangan apabila terjadi Karhutla di Barito Selatan,” Ungkap Alip Suraya yang didamping Kasi Logistik, dan Kedaruratan, Suwono.

Pada kesempatan tersebut Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi, termasuk kepada Bupati, dan Wakil Bupati yang telah menyerahkan mobil bantuan tersebut kepada BPBD Barito Selatan.

“Atas nama BPBD Barito Selatan, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Gubernur melalui Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah ini,” Ujar Alip Suraya.

Ia juga mempersilahkan kepada TNI/Polri, dan instansi terkait lainnya untuk bersama-sama menggunakan mobil bantuan tersebut untuk kegiatan penanggulangan bencana Karhutla pada tahun 2022 ini.

“Karena, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mulai April 2022 mendatang diprediksi sudah memasuki musim kemarau,” Tambah Alip Suraya.

Ia menerangkan, kemarau yang akan terjadi mulai April 2022 itu diprediksi kemarau panjang, sehingga jumlah hotspotnya berpotensi banyak. Jadi kata dia, bantuan dua unit mobil, dan tiga unit mesin pemadam apung itu sangat membantu serta menambah sarana serta prasarana BPBD Kabupaten Barito Selatan dalam menangani apabila terjadi bencana karhutla.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini