Kemenag Barsel Jelaskan, “Pemberangkatan Calon Jamaah Haji 1443 Hijriyah Tunggu Persetujuan Resmi Dari Arab Saudi”

0
19
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengatakan, pemberangkatan calon jamaah haji tahun 1443 hijriyah atau tahun 2022 ini masih menunggu persetujuan secara resmi dari pemerintah kerajaan Arab Saudi. Newsbin, pada Senin, 21/02/2022.

“Hingga kini, kita masih menunggu persetujuan secara resmi dari pemerintah kerajaan Arab Saudi terkait dengan pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2022 ini,” Ungkap H. Syuriansyah, Kasi Penyelenggaraan Haji, dan Umrah di Kantor Kementerian Agama, Barito Selatan.

Ia mengatakan, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama pusat sudah melakukan koordinasi dan pembicaraan dengan pemerintah kerajaan Arab Saudi terkait hal itu.

“Melalui koordinasi yang dilaksanakan tersebut, diharapkan pemberangkatan calon jamaah haji Indonesia yang mengalami penundaan selama dua tahun itu bisa dibuka kembali oleh pemerintah Arab Saudi pada tahun 2022 atau 1443 hijriyah ini,” Ucap H. Syuriansyah.

Meskipun demikian, pihaknya juga patut bersyukur, sebab dari 20 Negara yang tidak diperbolehkan masuk ke Arab Saudi, Allhamdulillah tertanggal 8 Januari 2022 lalu, Indonesia bersama delapan Negara lainnya sudah diperbolehkan memberangkatkan umrah ke tanah suci Mekkah.

“Kalau melihat dengan diperbolehkannya memberangkatkan jamaah umrah, mudah-mudahan ada harapan bagi calon jamaah haji Indonesia bisa diberangkatkan pada tahun 1443 hijriyah atau tahun 2022 ini,” Terangnya.

Dikatakannya, apabila nantinya sudah ada pengumuman dari pemerintah Indonesia hasil persetujuan secara resmi dari pemerintah kerajaan Arab Saudi, maka Indonesia khususnya Kabupaten Barito Selatan akan memberangkatkan calon jamaah haji pada tahun ini.

“Kita juga berharap, dengan tertundanya pemberangkatan selama dua tahun itu, jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tidak ada perubahan dari yang telah diusulkan. Kemudian diharapkan juga adanya kuota tambahan, baik tambahan kuota tertunda maupun kuota tambahan bagi lansia. Itu yang masih ditunggu jawabannya dari pemerintah Arab Saudi,” Tambahnya.

Selain itu, ia menyampaikan, untuk jumlah calon jamaah haji Kabupaten Barito Selatan yang rencananya akan diberangkatkan pada tahun 2022 ini sebanyak 131 orang.

Menurut dia, sebanyak 131 orang itu telah membuat pasport dan sudah divaksinasi dosis 3 atau booster, termasuk juga telah melaksanakan manasik serta pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), “Sebanyak 131 orang calon jamaah haji itu dari sisi kesiapan sudah siap 99 persen, dan tinggal menunggu kesediaan pemerintah Arab Saudi yang menerimanya untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekkah,” Pungkas H. Syuriansyah.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini