KPU Barito Selatan Laksanakan Rakor Pemuktakhiran, Dan Penyusunan Data Pemilihan Berkelanjutan

0
22
Iklan

Buntok Newsbin.Com – KPU Barito Selatan kembali melaksanakan rapat koordinasi pemuktahiran dan penyusunan data pemilih berkelanjutan. Kegiatan tersebut dihadiri Bawaslu, Partai Politik Tingkat Kabupaten Barito Selatan, dan stakeholder terkait. Sama halnya seperti tahun sebelumnya. Newsbin, pada Kamis, 31/03/2022.

Ketua KPU Barsel, Bahruddin mengatakan Rakor ini terus dilaksanakan secara rutin setiap 3 bulan sekali, “Pemutakhiran dan penyusunan Data Pemilih Berkelanjutan secara berkala kita lakukan setiap bulan dengan menambahkan pemilih dengan kategori pemilih masuk atau pindahan dari kabupaten dan/atau Provinsi lain maupun pemilih Baru yang genap berumur 17 Tahun dibulan berjalan,” Ungkap Bahruddin.

Termasuk memasukkan TNI/POLRI yang telah Purna Tugas. Juga dilakukan penyaringan, dan mengeluarkan pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) lagi sebagai Pemilih seperti meninggal dunia, pindah domisili ke Kabupaten/Provinsi lain.

Pemilih yang menjadi TNI/POLRI dan jika masih ditemukan pemilih yang ganda. Update Data tersebut, secara rutin pula selalu di umumkan melalui media-media sosial milik KPU Kabupaten Barito Selatan.

“Dari Hasil Pemutakhiran dan penyusunan Data Pemilih Berkelanjutan setiap bulan inilah yang kita bawa kedalam Rakor per triwulan dalam rangka memperoleh masukan untuk perbaikan-perbaikan data yang lebih baik, akurat dan komprehensif,” Jelasnya.

Ia pun berharap jelang diselenggarakannya Pemilu Serentak tanggal 14 Februari 2024, Daftar Pemilih hasil Pemutakhiran dan penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan semakin lebih baik. Sebagai salah satu bahan dalam Penyusunan, dan Pemutakhiran data dan Daftar Pemilih pada Pemilu Serentak 2024.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pada Pasal 204 dinyatakan bahwa KPU Kabupaten/Kota melakukan pemutakhiran data pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Pemilu terakhir yang dimutakhirkan secara berkelanjutan.

Pihaknya pun menginformasikan, mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan smart phone, dapat mengakses atau mengunduh aplikasi lindungi hakmu melalui playstore. Dengan aplikasi ini, sangat mudah untuk mengetahui apakah kita sudah terdaftar atau belum terdaftar sebagai pemilih.

Serta juga dapat memberikan informasi-informasi data diri untuk didaftar sebagai pemilih bagi yang belum terdaftar, dan juga bisa melakukan perbaikan-perbaikan data bila terdapat komponen data diri yang tidak sesuai dengan identitas kependudukan.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini