DPRD Kolaborasi Dengan Pemkab Barsel Akan Bahas RAPERDA Pembentukan, Dan Susunan Perangkat Daerah

0
17
Iklan

Buntok Newsbin.Com – DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah bakal membahas terkait Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) tentang Pembentukan, dan Susunan Perangkat Daerah pada bulan April 2021 ini. Newsbin, pada Jum’at, 1 April 2022.

Demikian yang dikatakan HM Yusuf Kalem, Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, usai memimpin Rapat Badan Musyawarah (Banmus) bersama tim dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Karena pada tahun 2020 lalu, RAPERDA tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3/2016 tentang Pembentukan, dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Barito Selatan ini belum selesai dibahas.

Jelasnya, belum rampungnya pembahasan RAPERDA ini lantaran pihaknya berhati-hati dalam pembahasannya, sebab harus merujuk kepada sejumlah Peraturan yang lebih tinggi diatasnya, “Hal itu agar Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3/2016 tentang Pembentukan, dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Barito Selatan ini nantinya bisa menjadi PERDA lebih berbobot, dan tidak asal-asalan,” Ungkapnya.

Apalagi menurut HM. Yusuf, RAPERDA ini menyangkut mengenai Pemekaran Perangkat Daerah atau Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD). Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barito Selatan itu optimistis Pembahasan RAPERDA mengenai Pemekaran SOPD tersebut akan rampung dibahas pada bulan April 2021 ini.

Disamping membahas terkait RAPERDA itu, pihaknya bersama tim Pemerintah Kabupaten juga akan membahas terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017 – 2022, “Karena, sesuai dengan petunjuk dari beberapa Kementerian, ada beberapa hal yang harus diubah dan disesuaikan,” Ucap HM. Yusuf Kalem.

Selain itu lanjut dia, DPRD bersama tim dari PEMKAB Barito Selatan akan melaksanakan sejumlah rapat intern, dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah di daerah ini, “Kita juga pada April 2021 ini akan melaksanakan rapat paripurna penyampaian LKPj tahun anggaran 2020,” Pungkas HM. Yusuf Kalem.

Kegiatan Rapat Badan Musyawarah DPRD Barito Selatan yang berlangsung di ruang rapat Gabungan Komisi tersebut dihadiri sejumlah Kepala SOPD, dan Anggota Dewan setempat.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini