Dandim 1004 Kotabaru Gelar Sosialisasi Komcad Sekaligus Perekrutan

0
31
Iklan

Kotabaru newsbin.com – Dalam rangka menjalankan Undang-undang nomor 23 tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1004 Kotabaru Letkol Inf Boni Berdian Philiang melaksanakan kegiatan pencerahan dan sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2022 sekaligus perekrutan. Newsbin pada Sabtu 23/04/2022.

Waktu pembentukan Komcad tahun 2022 ini dimulai dari tahap pendaftaran sejak 1 Maret hingga 8 Mei 2022 dilanjutkan dengan TOT pelatih pada 21-29 Maret, seleksi administratif pada 9-11 Mei, seleksi kompetensi pada 12-27 Mei yang akan dilaksnakan di Rindam di Banjarmasin hingga tahap akhir yaitu Latsarmil Pengangkatan dan Penyumpahan pada 30 Mei – 27 Agus 2022 di Pusdiklat Kopasus Batu Jajar, Bandung, Jawa Barat.

Dandim 1004/KTB Letkol Inf Boni Berdian Philiang mengtakan, kegiatan seleksi dari komponen cadangan ini merupakan angkatan kedua yang mengacu pada peraturan Kementrian Pertahanan tersebut di atas.

Kodim selaku komando kewilayahan tak terkecuali Kodim 1004/KTB untuk membantu Kemenhan merekrut calon-calon Komcad di Kotabaru dari putra-putra bangsa yang sadar dan peduli akan pertahanan nasional.

Persyaratan pendaftaran dalam perekrutan diantatanya ; laki-laki umur 18-35 tahun, sehat jasmani dan rohani, siap mengikuti tahap demi tahap dan minimal memiliki ijazah / lulusan SMP.

Adapun pendaftaran dibuka untuk umum, baik dari intansi pemerintah maupun warga masyarakat biasa dengan tidak dipungut biaya. Seluruh keperluan selama kegiatan yang memakan waktu sekitar 3 (tiga) bulan lamanya akan ditanggung pemerintah, termasuk uang saku dan biaya transportasi ketika terputus di jalan /tidak lulus dalam pendidikan pun akan di fasilitasi.

“Setelah peserta lulus dari Komcad, akan dikembalikan ke daerah masing-masing untuk aktifitas seperti biasa. Selanjutnya akan dimobilisasi bergabung dengan TNI untuk mempertahankan NKRI”, papar Dandim.

“Komcad ini nantinya akan membantu TNI dalam situasi tertentu ataupun negara dalam keadaan genting/ perang” tambahnya.

Dalam perekrutan dimaksud, TNI AD akan merekrut peserta Komcad sebanyak 2500 di seluruh Indonesia yang nantinya akan dididik di rindam masing-masing kemudian nanti akan di berikan penambahan pendidikan di Pusdiklat Kopasus Batu Jajar Bandung, Jawa Barat.

Masih lanjut Dandim, untuk saat ini yang sudah mendaftar melalui Kodim 1004/KTB ada 37 orang, diharapkan pendaftar akan bertambah lagi hingga melebihi 100 orang, oleh karena nantinya akan dilakukan seleksi.

Lain dari itu, Dandim mengatakan bahwa hal perekrutan Komcad telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kotabaru untuk memberikan ijin kepada pegawainya yang akan mengikuti perekrutan Komcad tersebut.

Acara dilaksanakan pada Sabtu (23/04) pukul 09.00 Wita hingga selesai di Aula Dojo Kodim 1004/KTB, Jl. Yakult, Desa Dirgahayu, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Sedikitnya 40 orang hadir dalam sosialisasi, terdiri dari beberapa intansi terkait diantaranya ; Dishub, BPBD, Basarnas, Satpol PP, Damkar dan Senkom mitr Polri.


Rzq. Kaperwil. Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini