Jelang Lebaran Dandim 1208/Sambas Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2022

0
32
Iklan

Sambas Newsbin.Com – Forkopimda Sambas laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Kapuas Tahun 2022 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, di Lapangan apel Mapolres Sambas, Jalan Kartiasa, Desa Lorong, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Newsbin Pada Minggu (24/04/22).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sambas H. Satono, S.sos,i,MH, Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Dadang Armada Sari, S.I.P, Kapolres Sambas AKBP Laba Meliala, S.I.K, Kepala Kejari Sambas Agita Tri Moertjahjanto, S.H,M.H, Para Kapolsek Jajaran Polres Sambas, 1 regu Anggota kodim 1208/Sambas, 1 regu Satlantas polres Sambas, Pleton gabungan staf polres Sambas, Pleton gabungan Satintelkam, Pleton Reskrim Polres Sambas, 1 regu Satpol PP Kab. Sambas, BPBD Kab. Sambas, Dinkes Kab. Sambas serta 1 regu Dinas perhubungan Kab. Sambas.

Pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kali ini mengusung tema “Wujud Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman Dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H”

Amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.SI, yang dibacakan oleh Bupati Sambas H. Satono S. Sos,i,MH, Ia menegaskan tidak ada penyekatan masyarakat pada kegiatan mudik lebaran tahun ini, Namun masyarakat tetap di imbau untuk mematuhi protokol kesehatan, serta melengkapi Vaksinasi 1, 2 dan 3 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19.

Sambungnya menambahkan Perayaan Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.

Berbeda dengan Idul fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya bersama keluarga, Ujarnya.

“Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran.

Pergerakan masyarakat ini terutama terkonsentrasi di wilayah Pulau Jawa dan Bali moda transportasi lebaran didominasi oleh jalur Darat dengan menggunakan kendaraan pribadi. Imbuhnya.

“Terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi “Ketupat – 2022” sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar”. Harapnya.

Komandan Kodim 1208/Sambas Letnan Kolonel Inf Dadang Armada Sari S.I.P Saat ditemui setelah kegiatan upacara mengatakan, “Kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 ini, sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan Idul Fitri .

“Kita juga harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid-19 dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar Target pada 30 April 2022 dan disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19”, Ungkap Komandan Kodim.

Mari kita bersama-sama menyambut baik atas Kelonggaran-kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah jangan kita anggap remeh agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan aman dan lancar.

“Semoga arus mudik maupun balik dapat berjalan lancar dan penyebaran Covid-19 dapat terkendali. Oleh karena itu, sinergisitas antar pemangku kepentingan harus solid dan kerja keras serta ikhlas dalam berbuat, Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.
Pada kesempatan ini, kepada umat Islam saya mengucapkan “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan dan Merayakan Idul Fitri 1443 H/2022, mohon maaf lahir dan batin”, Tutup Komandan Kodim.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini