Siswa SMKN-1 Buntok Akan Mengikuti Uji Kompetensi Ketrampilan Usai USBK

0
139
Iklan

Buntok Newsbin.com – Usai Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK), siswa-siswi SMKN-1 Buntok akan mengikuti uji kompetensi keterampilan. Hal tersebut disampaikan kepala SMKN-1 Buntok, H. Joko Lelono, SP., MM kepada awak media Newsbin, Senin (9/5/2022) Pagi.

Ia menjelaskan, siswa-siswi ini nanti mengikuti langsung uji kompetensi keterampilan Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) dibawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jakarta.

“Hal ini agar nanti para siswa-siswi mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang dimiliki lulusan SMK bisa diakui dunia usaha dan dunia industri dalam proses rekrutmen tenaga kerja terampil,” terang Joko Lelono.

Menurutnya, bahwa selama ini tenaga kerja lulusan SMK ini gajinya beda apabila tidak memiliki sertifikat kompetensi dari LSP P1 atau BNSP.

“Apabila mendapatkan sertifikat uji kompetensi tersebut mendapatkan gajinya standar nasional. Oleh sebab itu mereka ini nanti selesai USBK mengikuti uji kompetensi keterampilan,” sebutnya.

Disampaikan Joko, persiapan bagi siswa telah dilakukan sebelum USBK ini. Bahkan para guru nantinya akan mengikuti diklat yang akan dilaksanakan selama 5 hari dari 17-22 Mei 2022.

“Karena LSP P1 satu-satunya di Barsel hanya ada di SMKN-1 Buntok, maka diklat tersebut akan dilaksanakan di Buntok dan narasumbernya dari Jakarta,” kata dia.

(Herman) Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini