Pj. Bupati Barito Selatan Meminta BPD Dengan Aparat Desa Bisa Bekerjasama Dan Bersinergi

0
2
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa bersinergi dengan Aparat Desa dalam menjalankan roda Pemerintah. Newsbin, pada Selasa, 31/05/2022.

Hal tersebut disampaikan saat melantik anggota BPD Kecamatan Dusun Selatan, di aula kantor Camat. Selasa, 31 Mei 2022, “Saya minta BPD bekerja sama bersinergi dengan Pemdes dalam menjalankan pemerintahan desa,” Kata Lisda Arriyana.

Karena, lanjut dia, peran BPD ini sebagai kontrol dan pengawasan terutama penggunaan dana Desa.

Ia menyampaikan, pada hari ini, dirinya melantik anggota BPD di dua Kecamatan yakni Dusun Selatan, dan Kecamatan Dusun Utara, “Pelantikan anggota BPD ini sesuai dengan ketentuan Pasal 19 Ayat 1 Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3/2019 tentang Badan Permusyawaratan Desa,” Ujarnya.

Menurutnya, pengambilan sumpah dan janji ini memiliki makna yang mendalam. Sebab, pada hakikatnya tidak saja disaksikan manusia atau pejabat yang berwenang, akan tetapi disaksikan Tuhan Yang Maha Esa.

Ia juga meminta anggota BPD yang dilantik supaya menyadari akan perbuatannya dengan sungguh-sungguh serta menghayati, dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, “Karena anggota BPD sebagai bagian dari tata pemerintahan yang merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan daerah dan ditetapkan secara demokratis,” Ucap dia.

Segera lah menyesuaikan diri, saling bekerjasama, saling dukung, dan meningkatkan koordinasi. Termasuk meningkatkan SDM pribadi, dan kelembagaan dengan mempelajari berbagai ketentuan terkait pelaksanaan tugas serta tanggung jawab BPD, “Berikan masukan, dan saran apabila ada yang kurang dalam pelaksanaan roda Pemerintahan di Desanya masing-masing melalui musyawarah,” Pintanya.

Menurutnya, dengan terjalinnya sinergi, dan kerjasama yang harmonis serta komunikasi yang baik antar lembaga di Desa, roda Pemerintahan di Desa bisa berjalan dengan aman, baik, dan lancar.

Herman.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini