Anggota Koramil 0622-02/Palabuhanratu Laksanakan Kegiatan Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Melalui Zoom meeting

0
87
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Kab. Sukabumi
Anggota Koramil 0622-02/Palabuhanratu mengikuti upacara Hari lahirnya Pancasila Tahun 2022 Secara Virtual (Zoom Meeting) bertempat di Aula Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Newsbin Pada Kamis (02/06/2022).

Dalam kegiatan tersebut diikuti seluruh instansi terkait dan warga Indonesia Secara Virtual. Dimana, kegiatan ini adalah untuk mengenang para jasa pahlawan yang gugur saat peristiwa G30S/PKI.

Bangsa Indonesia selalu memperingati Hari lahirnya Pancasila. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari lahirnya Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi.

Penetapan Hari lahirnya Pancasila ini sangat erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI. Peristiwa pemberontakan tersebut, telah menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, bangsa Indonesia selalu melakukan upacara. Selain menghargai jasa para pahlawan, peringatan ini juga perlu dilakukan agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Anggota Koramil 0622-02/Palabuhanratu Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi Sertu Rodana mengatakan, Hari lahirnya Pancasila sering dimaknai sebagai upaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Tidak bisa dimungkiri bahwa Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara.

“Pada peristiwa 30 September 1965 atau dikenal dengan peristiwa G30S PKI, merupakan sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Dimana diketahui pada peristiwa G30S PKI ini, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai oleh sekelompok yang menurut otoritas militer saat itu merupakan Partai Komunis Indonesia”, ungkapnya.

“Hari lahirnya Pancasila memiliki makna sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar Negara serta sebagai ideologi bangsa. Serta Pancasila juga mempunyai peranan yang sangat penting sebagai dasar utama Negara Indonesia. Tak hanya itu, makna lahirnya Pancasila pun juga dimaknai sebagai penghormatan”, tambahnya.

“Jadi, penghormatan juga termasuk dalam salah satu makna lahirnya Pancasila. Karena pada dasarnya setiap warga Negara Indonesia wajib melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi Pancasila”, pungkas Sertu Rodana.

(Novita)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini