Pengerjaan RJIT Pekon Talang Sepuh Di Duga Asal Jadi

0
95
Iklan

Tanggamus Newsbin.Com – Setelah belajar tentang APTP, berbagai istilah didalamnya, kriteria dan prosedur untuk mendapatkannya, kali ini kita akan mendalami tentang Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier alias RJIT . Newsbin Pada Jum’at 03 Juni 2022.

Seperti kita ketahui, pertanian merupakan sektor penting dalam pembangunan dalam perekonomian, mengingat fungsi dan perannya dalam penyediaan pangan bagi penduduk, pakan dan energi, serta tempat bergantungnya mata pencaharian penduduk di pedesaan.

Sektor pertanian mempunyai sumbangan yang berarti dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB),peningkatan devisa dan peningkatan kesejahteraan petani, sehingga pembangunan pertanian dapat di katakan sebagai motor penggerak dan penyangga perekonomian Nasional.

Dalam rangka peningkatan produksi padi, salah satu program yang di laksanakan yaitu Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier yang merupakan faktor penting dalam proses usaha tani yang memiliki dampak langsung terhadap peningkatan luas areal tanam.

Lain halnya yang terjadi di Pekon Talang Sepuh Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus,di mana menurut hasil pantauan Tim awak media Program Pemerintah yang di salurkan secara swakelola justru diduga Kelompok tani dalam melaksanakan Proyek pembangunan RJIT,jauh dari harapan dan tujuan pemerintah karena di sinyalir di kerjakan asal jadi.

Ketua Poktan Karya Maju IV yang di ketuai oleh Abdul Rahim yang membawahi 26 Anggota,pada tahun 2022 Poktan Karya Maju IV mendapatkan bantuan sebesar Rp,75.000.000,-untuk membangun Talut sepanjang 178 meter, dengan tinggi 50cm, lebar bawah 30cm, lebar atas 100cm,dan topi talut 20cm.

Saat di konfirmasi oleh awak media Ketua Poktan Mengaku sampai hari ini sabtu (28/05/2022) dengan pekerjaan sudah mencapai 80%,biaya yang telah diserap dalam pembangun tersebut, sebesar kurang lebih setengah dari Dana yang telah diterima.
“ya mas bahan bahan matrial,peralatan tukang semua sudah di beli,dan sisa anggaran masih saya simpan”,jelasnya.

Sampai berita ini di tayangkan, Dinas terkait belum bisa di konfirmasi

Julio.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini