RSUD Jaraga Sasameh Buntok Datangkan Residen Dokter Spesialis Dari Unhas

0
137
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendatangkan residen dokter spesialis dari fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Newsbin Pada Sabtu (18-06-2022).

“Penambahan jumlah residen dokter spesialis ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Direktur RSUD Jaraga Sasameh, Dr, Norman Wahyu saat menerima tim visitasi dari Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, di Buntok, Newsbin Sabtu (18/6/2022).

Ia menjelaskan, penambahan bidang pelayanan kesehatan yang dilakukan ini dalam upaya mengurangi angka rujukan pasien dari RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Dikatakannya, kerjasama terkait spesialisasi dengan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin ini telah terjalin dengan pihaknya sejak 2018 lalu dan tim visitasi telah beberapa kali melakukan kunjungan ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Menurut dia, RSUD Jaraga Sasameh Buntok akan terus melakukan pembenahan-pembenahan, baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana, termasuk penambahan peralatan medisnya.

“Hal itu dilakukan dalam upaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” jelasnya.

Sementara Sekretaris manager program pendidikan dokter spesialis fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, DR, dr, Risna, Sp.PD, K-PTI, FINASIM mengatakan, kerjasama dengan Pemkab Barito Selatan dan RSUD Jaraga Sasameh Buntok ini dalam hal penyediaan tenaga spesialis yang belum tersedia di rumah sakit ini.

“Spesialis tersebut diantaranya spesialis kandungan, spesialis anak, jantung, anastesi, dan spesialis paru-paru,” kata Risna.

Untuk kerjasama kali ini, pihaknya akan mengirimkan residen atau dokter yang mengambil pendidikan dokter spesialis yang sudah berada ditingkat akhir yakni spesialis jantung, paru-paru dan spesialis anastesi.

Ia berharap, dengan dikirimnya residen dokter-dokter spesialis ini, pelayanan di RSUD Jaraga Sasameh Buntok kepada masyarakat di Barito Selatan bisa lebih optimal lagi.

Sedangkan visitasi yang dilakukan saat ini untuk melihat fasilitas yang tersedia di rumah sakit, karena percuma dikirim spesialisnya kalau peralatannya tidak ada.

“Alhamdulillah, berdasarkan visitasi seperti di poly jantung, peralatannya sudah lengkap. Jadi kalau masyarakat ada keluhan penyakit jantung, silahkan datang ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok dan kalau memang tidak bisa ditangani di sini baru dirujuk ke Palangka Raya,” jelas Risna.

Dikatakannya, visitasi yang dilakukan ini juga untuk mengetahui apakah kerjasama antara RSUD Jaraga Sasameh Buntok dengan pihaknya bisa dilanjutkan kembali.

“Karena, apabila sudah ada dokter spesialis jantungnya di RSUD ini, kita tidak perlu lagi mengirim residen dokter spesialis jantung,” tambahnya.

Kecuali kata Risna, seperti dokter spesialis kandungan yang ada saat ini kelelahan karena banyaknya pasien, sehingga mereka mengirim surat kepada pihaknya untuk mendatangkan residen spesialis kandungan yang sudah senior ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok ini.

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini