Eddy Purwanto : Masyarakat Di Himbau Jangan Bakar Hutan Dan Lahan

0
119
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – Sekda Barito Selatan, Eddy Purwanto mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.
Imbauan tersebut disampaikan Sekda saat melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan, di Bumi Perkemahan (Buper) Lalemu Lewas, Desa Sababilah, Buntok. Newsbin Pada Kamis (30/6/2022).

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga dengan tidak membakar hutan dan lahan. Karena cuaca sudah memasuki musim kemarau,” ucap Eddy Purwanto.

Ia mengatakan pihaknya melaksanakan simulasi pemadaman Karhutla bersama tim gabungan dari BPBD, TNI-Polri, Pol-PP Damkar, KPHP, KPHL, Tagana, BMKG, relawan TRC dan Dinas Kehutanan provinsi Kalteng.

Hal ini dilakukan, lanjut dia, untuk memantau sarana prasarana serta sejauh mana kesiapan melaksanakan pemadamam apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan dengan standar operasional prosedur.

“Kita berharap tahun ini Barsel terbebas dari bencana kebakaran hutan dan lahan. Serta mohon doa dan dukungan untuk sama-sama menjaga. Karena kabaran ini tidak hanya faktor alam namun juga ulah manusia,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya mengatakan sebagai komando penanggulangan bencana pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Dengan simulasi ini berharap kesiapsiagaan kita penuh, sehingga kebakaran hutan dan lahan bisa di minimalkan,” ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya juga melakukan pendalaman sarana prasarana karena rekan-rekan relawan dan TRC karena tidak semua bisa menggunakan alat tersebut.

“Kita harapkan semuanya nanti bisa menggunakan peralatan pemadaman apabila terjadi karhutla,” pungkasnya

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini