Ita Minarni : Ini Manfaat Normalisasi Danau Sababilah Menuju Sanggu

0
161
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan mengungkapkan bahwa program normalisasi Danau Malawen ruas Sababilah menuju Danau Sanggu di Kecamatan Dusun Selatan sudah diusulkan masyarakat sejak tahun 2014. Newsbin Pada Jum’at, 08-07-2022.

Hal ini disampaikan oleh Kepala DPUPR Barsel, Ita Minarni kepada awak media di Buntok, Kamis, (7/7). 

“Siapa bilang normalisasi Danau Sanggu itu tidak ada manfaatnya, malah sebaliknya banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat khususnya warga Desa Sanggu yang telah mengusulkan Program tersebut ke PUPR!,” Tegas Ita.

Dengan adanya normalisasi ini, mempermudah akses warga Desa Sanggu dan sekitarnya terutama mereka yang berprofesi sebagai Nelayan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperlancar arus air supaya mencegah terjadinya banjir di Desa Sanggu, memperlancar transportasi sungai bagi warga Desa Sanggu, dan Desa lainnya yang berada disekitar lokasi, serta sebagai upaya pengembangan Desa wisata, “Contoh, cafe terapung, rekreasi, tempat pemancingan dan yang lainya, namun tetap memegang konsep alami atau apa adanya,” Beber dia.

Dilanjutkan Ita, program ini memang sangat diinginkan masyarakat sejak diusulkan dari Tahun 2014 lalu, namun pihaknya saat itu terkendala bermacam peralatan, makanya pihaknya saat itu belum bisa merealisasikannya.

“Alhamdulillah baru terkabulkan sekarang di Tahun ini, kita programkan itu kembali dan inipun sudah melalui proses Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang), serta usulan sendiri dari Kepala Desa melalui kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan maupun Kabupaten,” Jelasnya.

“Kita tidak akan membuat suatu program apabila tidak ada asas manfaatnya,” tegas Ita.

“Baru sekarang kita bisa merealisasikannya, pertanyaan saya apakah benar program ini tidak diinginkan dan tidak bermanfaat bagi mereka, sedangkan kami orang teknis tidak akan mengeluarkan sesuatu program apabila tidak ada asas manfaatnya?” Imbuhnya menambahkan.

Untuk itulah, dirinya meminta kepada awak media dan masyarakat yang ada di Barsel ini,  jangan menginformasikan sesuatu yang tanpa konfirmasi dan melihat sisi kebenarannya terlebih dulu kepada yang bersangkutan. Hal ini sambungnya, penting agar berita yang ditayangkan nantinya bisa berimbang dan sesuai fakta. 

Sebab pekerjaan yang dilaksanakan oleh DPUPR pemerataan pembangunan di setiap desa maupun kecamatan, apalagi  kondisi topografi di Barsel sendiri banyak sekali daerah rawa. 

Sehingga dengan adanya program normalisasi semacam ini, selain memberikan dampak positif pada sektor pertanian, dan perikanan, kondisi alam di bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut juga bisa tetap terjaga asri, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata, “Program-program apapun itu akan kita akomodir selama dananya masih ada,” Ungkapnya. 

Ia memohon dukungan dari semua pihak terhadap program pembangunan infrastruktur, baik itu sungai, darat dan bangunan lainnya. Sebab kesejahteraan ekonomi masyarakat tergantung dari infrastruktur, “Bagaimana mau berjalan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya kalau infrastrukturnya tidak berjalan,” Tukas Ita. 

“Karena segala sesuatu yang kita bangun kembali kepada masyarakat sebagai penerima manfaatnya, dan kami tidak bisa bekerja dengan baik dan benar apabila tanpa dukungan dari semua lapisan masyarakat, karena disini kami hanya bertugas membangun, dan memfasilitasi,” Pungkasnya.

Herman.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini