Dinas Pertanian Kotabaru Kunjungi Penyembelihan Qurban Di Masjid LDII

0
85
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Hari Raya Idul Adha 1443 H pada hari Minggu, 10/07/2022 yang beridentik dengan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, Dinas Pertanian Kotabaru melaksanakan peninjauan secara langsung ke sejumlah titik penyembelihan, baik di Masjid-masjid maupun tempat penyembelihan lainnya. Newsbin pada Senin 11/07/2022.

Masjid Baitul Jannah yang merupakan binaan Ormas Islam Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yang beralamat di Jl. Karya Utama Rt. 03/II, Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menjadi salah satu tujuan peninjauan.

Di sela penyembelihan, Kepala dinas Pertanian Kotabaru melalui Plt. Kabid. Peternakan dan Keswan drh. H. Khairus Saleh mengatakan, kedatangannya bermaksud mengecek secara langsung mengenai kesehatan hewan qurban, agar benar-benar layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Oleh karena pada akhir-akhir ini sedang maraknya PMK yang menimpa pada sapi, sebagaimana berita yang beredar di media televisi, online dan media lainnya.

Panitia Qurban Masjid Baitul Jannah berhasil mengelola hewan qurban sebanyak 6 ekor sapi terdiri dari 5 ekor sapi jantan dan 1 ekor sapi betina.

Kepada Ketua Panitia Qurban Masjid Baitul Jannah, H. Khairul Shaleh menghimbau untuk kedepan agar memeriksakan sapi betina terlebih dahulu sebelum dipotong, sangat disayangkan sekali kalau sapi tersebut masih produktif, terlebih dikhawatirkan lagi kalau dimaksud sedang hamil.

“Sebaiknya sapi betina yang sebelum dijadikan korban di periksa terlebih dahulu, sayang kalau di sembelih dalam keadaan sedang hamil”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Qurban Masjid Baitul Jannah Desa Gunung Nur Abdul Rozaq mengatakan, 6 ekor sapi yakni : 3 ekor dari Sulawesi, 3 ekor dari petani lokal.

Ucapan terimakasih dilontarkan Rozaq kepada pemerintah Kotabaru, secara tidak langsung memberikan perhatian kepada masyarakat.

Hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat di masa maraknya PMK, Rozaq yakin bahwa masyarakat akan lebih merasa aman dalam mengkonsumsi daging hewan qurban.

“Alhamdulillah saat maraknya tentang PMK, pemerintah bisa hadir di tengah-tengah kita, saya yakin hadirnya pemerintah akan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mengkonsumsi daging qurban”, beber Rozaq.

Mengenai saran Dinas Pertanian terkait pemeriksaan terhadap sapi betina sebelum disembelih, ia berujar akan memenuhinya pada korban tahun depan.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini