DSPMD Kabupaten Barito Selatan Dorong Percepatan Pencairan Dana Desa (DD).

0
23
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – DSPMD Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, mendorong percepatan pencairan Dana Desa atau DD tahap kedua.

“Kita mengundang perangkat Desa, BPD, Camat dan tim verifikasi Kecamatan untuk membahas percepatan pencairan dana desa tahap ke II,” kata kepala DSPMD Barsel, Selviriyatmi, di aula DSPMD setempat. Newsbin Pada Senin (18/7/2022).

Ia menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi Desa apabila terlambat, sehingga Camat bisa mengatasi kendala tersebut.

Ia melanjutkan, Saat ini dari 86 desa tahap I pencairannya sudah 100 persen. Sementara tahap kedua baru realisasi pencaiaran DD 9,3 persen. Sementara BLT tahap II baru 88,4 persen.

“Atas dasar tersebut kita melakukan pertemuan untuk melakukan percepatan penyaluran DD tahap II,” ucapnya.

Kegiatan ini, sambung dia, diselenggarakan mulai 18-26 Juli 2022. Setiap Kecamatan dilaksanakan 1 hari, sehingga lebih fokus dan tepat sasaran. Kemudian untuk tahap III apabila sudah mencairkan tahap II.

Ia menyampaikan untuk proses penyairan pihaknya menunggu rekomendasi di Kecamatan.

Ia menambahkan, Kegiatan ini merupakan strategi pihaknya agar penyalluran Dana Desa tidak terlambat.

Penyalurannya ada tahapan yakni tahap pertama paling lambat bulan Juni 2022. Kemudian tahap kedua paling lambat Agustus 2022 .

“Apabila tidak disalurkan sesuai tahapan maka DD tahap berikutnya tidak bisa disalurkan. Oleh sebab itu kita melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Jenamas Abdul Ghani Majedi mengatakan untuk Kecamatan Jenamas ada 4 Desa sementara 3 Desa telah pencairan, 1 Desanya menyusul.

“Alhamdulilah untuk Kecamatan Jenamas 4 Desa siap mencairan Dana Desa,” kata dia.

Untuk pembayaran pajak, lanjut dia, sudah 100 persen. Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Kades yang terus berkoordinasi dengan pihaknya.

“Jadi kita tinggal menunggu pencairan DD tahap kedua ini,” pungkasnya.

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini