TNI AL TANAM MANGROVE, DAN IKAN DI CIWARU, WABUP BERPENDAPAT BAHWA HAL TERSEBUT BAGIAN DARI MENAMBAH KERAGAMAN EKOSISTEM

0
40
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri kegiatan penanaman mangrove di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Selasa, 26 Juli 2022. Di mana, penanaman mangrove ini dilakukan secara serentak oleh TNI AL di 77 lokasi di Indonesia yang salah satunya di Kabupaten Sukabumi. Newsbin, pada Selasa, 26/07/2022.

Berdasarkan data yang dihimpun, penanaman mangrove dicanangkan sebanyak 1.000.337 secara nasional. Sementara Kabupaten Sukabumi mendapatkan 5000 bibit mangrove yang ditaman di area seluas satu hektare. Selain itu, TNI AL pun menyebarkan 5000 bibit ikan di sekitar area penananan mangrove.

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengaku bangga atas inisiasi penanaman mangrove yang dilaksanakan TNI AL di wilayahnya. Apalagi, keberadaan mangrove sangat bermanfaat.

“Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas inisiasi kegiatan ini, Apalagi, tidak hanya mangrove saja yang ditanam. ada bibit ikan yang ikut disebar. tentu akan menambah keberagaman ekosistem di area tersebut,” Ungkap Wabup.

Pasca penanaman ini, Pemkab Sukabumi berkewajiban untuk merawatnya. Termasuk merencanakan dan memprogramkan program ke penanaman mangrove ke depannya, “Masyarakat pun bisa memanfaatkan tanpa merusaknya,” Ujarnya.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan manfaat kedepannya bagi masyarakat sekitar. Apalagi, mangrove banyak manfaatnya untuk ketahanan pangan serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, “Nantinya akan terbentuk ekosistem yang bisa dimanfaatkan untuk segala kebutuhan,” Bebernya.

Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Terutama, dalam membantu mengurangi pemanasan global, “Pasca penanaman ini kita berkoordinasi dengan pemda untuk perawatan ke depannya,” Pungkasnya.

Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini