Wujudkan Sinergritas, Babinsa, Dan Aparat Desa Mekarasih Monitoring Pembuatan Saluran Irigasi

0
66
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Kab. Sukabumi
Demi mewujudkan Sinergritas dan menjaga normalisasi sistem pengairan di wilayah binaan Babinsa Mekarasih Koramil 0622-02/Palabuhanratu Sertu Rodana dan perangkat Desa Mekarasih monitoring pembuatan saluran irigasi dari wilayah Desa Mekarasih Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi yang menghubungkan ke desa lain. Newsbin Pada Selasa (26/07/2022).

Seperti kita ketahui irigasi merupakan urat nadi bagi pertanian di wilayah Desa khusunya Desa Mekarasih, itu artinya sistem irigasi memiliki fungsi yang sangat penting sebagai sumber pemasok air bagi ribuan hektar persawahan.


Babinsa Dan Perangkat Desa Melaksanakan monitoring pembangunan saluran irigasi yang menghubungkan ke desa lain.


Pengecekan saluran irigasi merupakan agenda rutin yang selalu di kerjakan anggota Babinsa Koramil 0622-02/Palabuhanratu, Babinsa tidak sendiri, karena aparat desa dan warga (petani) yang dengan senang hati selalu mendampingi kegiatan tersebut.

Sertu Rodana sebagai Babinsa Mekarasih mengatakan, pembangunan irigasi mempunyai peran yang sangat penting dalam hal pembagian air ke persawahan, dengan adanya pembangunan irigasi ini, maka pendistribusian/droping air irigasi dapat menuju sasaran dengan lancar.

“Kami selalu memperhatikan serta mengecek saluran irigasi yang dipenuhi rumput dan akan mengupayakan normalisasi saluran irigasi yang menyambungkan ke desa lain secara manual agar memperlancar aliran air ke persawahan warga, disamping itu mengecek debit air guna pengairan ke sawah agar selalu cukup”, tambahnya.

Masih Sertu Rodana sampaikan, “Kegiatan pembangunan saluran irigasi yang menghubungkan ke desa lain dilakukan guna memperlancar arus saluran air ke area persawahan warga”.

“hal ini merupakan bagian dari kegiatan pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua sehingga petani dalam melaksanakan musim tanam dan musim panen padi tidak terhambat, juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

(Novita)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini