PERKUAT KESEPAHAMAN, BAPAS MAKASSAR IKUTI FGD PENGUATAN SPPA DARI BAPPENAS

0
25
Iklan

Makasar Newsbin.Com – Salah satu tantangan mendasar dari penyelenggaraan Sistem Peradilan Pidana Anak ialah kesepahaman sejumlah lintas sektor. Hal ini melatarbelakangi Bapas Kelas I Makassar mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang diinisiasi oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Newsbin Pada Rabu (03-08-2022).

Bertempat di Hotel Harper Kota Makassar, kegiatan FGD kali ini mengangkat tema Penguatan Sistem Peradilan Pidana Anak. FGD dibuka langsung oleh perwakilan Direktur Hukum dan Regulasi Bappenas dan dilanjutkan pemaparan terkait peta jalan penguatan SPPA.

Kegiatan dilanjutkan melalui pembagian kelompok diskusi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama mendiskusikan fungsi LPKA dalam implementasi SPPA sedangkan kelompok kedua mendiskusikan fungsi LPKS dalam implementasi SPPA.

Bapas Kelas I Makassar yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak, Lukman Arifin, tergabung dalam kelompok pertama. Ada pula, Pembimbing Kemasyarakatan, Fauzan, tergabung dalam kelompok kedua.

Selain Bapas, masing-masing anggota kelompok terdiri dari perwakilan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, perwakilan Bappenas, perwakilan Kementerian Sosial, perwakilan Puskapa Universitas Indonesia, LPKA Maros, Dinas Sosial Kabupaten Maros, PSBR Makkareso Maros, Sentra Wirajaya Makassar, Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Maros.

Kegiatan diskusi berusaha menghimpun sejumlah kendala instansi dalam penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum. Hasil diskusi ini akan menjadi bahan monitoring dan evaluasi Bappenas terhadap penyelenggaraan SPPA.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini