DKPP Tanah Bumbu Berhasil Memproduksi Benih Porang

0
115
Iklan

Tanah Bumbu Newsbin.Com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berhasil membina petani dalam budidaya dan produksi benih berupa katak / bulbil tanaman porang yang bersertifikat sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomis tanaman porang. Newsbin pada Senin 05/09/2022.

Dimana, porang merupakan umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Semenjak dibudidayakan secara intensif oleh petani di Desa Saring Sungai Binjai Kecamatan Kusan Tengah sejak tahun 2019, porang menjadi komoditas tanaman yang menjanjikan.

Selain Desa tersebut diatas, kini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu sedang fokus mengembangkan produksi benih berupa katak/bulbil melalui budidaya porang di 8 kecamatan lainnya dengan total 8 hektar dalam upaya mendukung varietas unggul lokal.

Sebagaimana disampaikan Kepala DKPP Kabupaten Tanah Bumbu, H. Hairuddin, SP, pada Senin (05/09) melalui Bidang Tanaman Pangan dan Holrtikultura (TPH), Robby Candra, SP, MM, benih tanaman Porang yang biasa disebut dengan “katak/bulbil” adalah bintil porang yang muncul pada pangkal dan tangkai daun berwarna coklat kehitaman yang muncul saat menjelang masa panen atau pada umumnya disebut dengan masa Dorman.

“Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanbu kini sedang fokus pada pengembangan produksi katak sebagai sumber benih dan umbi porang sebagai satu kesatuan proses dalam budidaya porang”, ujar Robby.

Salah satu keunggulan varietas unggul lokal tanaman porang Desa Saring Sungai Binjai (SS. Binjai) adalah banyaknya mata katak yang di produksi, ukuran yang seragam dan daya tumbuh yang terjaga pada saat penyimpanan sehingga menjadi primadona bagi petani porang di Kalimantan Selatan.

“Keunggulan Porang SS. Binjai itu banyaknya katak yang di produksinya dan besarnya seragam”, lanjutnya.

Untuk mempromosikan produk unggulan hasil petani binaannya, melalui CV. Lumbung Porang Jaya Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bergerak aktif menyebarkan komoditas unggulan daerah dalam bentuk benih porang di wilayah Kalimantan Selatan.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini