Inilah Yang Dilakukan Pemkab Barito Selatan Untuk Tekan Inflasi Daerah

0
9
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Pemkab Barito Selatan melaksanakan Gernas pengendalian inflasi pangan  dengan Gerakan menanam cabai di pekarangan dan polybag, di kelompok tani Sipamatuk Sipangekeh, Perumnas II Desa Sababilah. Newsbin, pada Selasa, 6 September 2022.

Pj Bupati Barsel, Lisda Arriyana mengatakan inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga seperti kelompok makanan dan minuman serta kelompok bahan bakar rumah tangga.

Salah satu upaya menekankan inflasi tersebut, lanjut dia, yakni mengaktifkan satgas pangan dengan memantau harga dan kesediaan beberapa komoditas.

Kemudian, melakukan gerakan penghematan energi dan gerakan tanam pangan cepat panen, “Melalui Gerakan Menanam Cabai di Pekarangan dan Polybag merupakan upaya kita dalam melakukan gerakan tanam pangan cepat panen, sehingga dengan ketersediaan komoditas penyumbang inflasi tertinggi ini dapat menekan harga Cabai,” Ungkapnya Lisda Arriyana.

Inflasi berdampak pada segenap lapisan masyarakat apalagi pada sektor pertanian salah satu komoditas  yang mempengaruhi inflasi adalah cabai. Ia pun menginginkan agar wilayah yang potensial pengembangan tanaman hortikultura dapat mengembangkan komoditas yang cocok sesuai dengan spesifik lokasi guna meningkatkan ketahanan pangan keluarga. “Saya minta SOPD, Camat, Lurah, dan Kades agar menanam cabai di pekarangan Kantor masing-masing,” Harapnya.

Ia menyampaikan dirinya telah mengirim surat edaran kepada Kepala SOPD, Camat, Lurah/Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, dan para Tokoh lainya agar melakukan Gerakan Menanam Cabai di Pekarangan serta Polybag.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini