Masyarakat Antusias Menghadiri Syukuran Hari Nelayan Cisolok Ke 25 Tahun 2022

0
61
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Kab. Sukabumi
Antusias warga masyarakat khususnya warga Cisolok menyaksikan langsung kegiatan Syukuran Hari Nelayan Cisolok yang ke-25 Tahun 2022 Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Newsbin, Pada Rabu,(07/08/2022).

Hadir dalam Syukuran Nelayan Cisolok tersebut Bupati yang di wakili, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Disbudpora, Camat Cisolok, Polsek Cisolok, Danramil 0622-01/Cisolok, Polsek Cikakak, Kepala Desa Cikahuripan, Ketua HNSI yang diwakili, Sahbandar Sukabumi, Ketua Panitia kegiatan Hari Syukuran Nelayan Cisolok serta panitia lainnya dan warga yang hadir yang menyaksikan langsung kegiatan Hari Syukuran Nelayan.

Kepala Desa Cikahuripan Heri Suryana (Kang Midun) setelah di wawancarai oleh awak media menjelaskan bahwa, memperingati Hari Syukuran Nelayan khususnya di Cisolok merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap jasa para nelayan, yang rela berselimut angin, menembus hujan badai dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh lapisan masyarakat sekaligus sebagai bentuk pengingat untuk bersyukur dan memajukan kesejahteraan nelayan.

“Hari nelayan merupakan tradisi turun temurun untuk mengungkapkan syukur atas kesejahteraan hidup yang di berikan. Sementara itu upacara ini di isi dengan tarian tradisional dan kegiatan lainnya dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan lebih meningkat,” ungkapnya.

Masih Kepala Desa Cikaburipan Kang Midun sampaikan, bahwa Syukuran Hari Nelayan yang diselenggarakan setiap tahun ini didasari oleh keadaan geografis Indonesia yang di apit oleh dua Samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, oleh karena itu Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar, hal ini ditunjukan dengan banyak nya penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Di lain kesempatan, ketua panitia Hari Syukuran Nelayan Cisolok Yusuf mengatakan, “Pemkab Sukabumi bangga dan bahagia dengan terlaksananya kegiatan Syukuran Hari Nelayan Cisolok yang ke-25 atas limpahan rezeki hasil laut yang diperoleh nelayan di Kabupaten Sukabumi dapat dirasakan manfaat dan berkahnya.

Alhamdulillah hasil ikhtiar kita bersama kegiatan syukuran nelayan ini dapat terlaksana dan kita yakin hasil tangkapan ikan kedepan dapat terus meningkat”.

“Syukuran ini bukan hanya tradisi semata namun juga sebagai bentuk pelestarian budaya adat yang sudah menyatu dengan nelayan dan potensi tersebut mampu mendongkrak nilai ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional, kedua regulasi tersebut menjadi payung hukum sekaligus penguat bagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Kelautan Potensi Kabupaten Sukabumi sangat melimpah sehingga perlu dijaga dan dilestarikan dengan baik untuk mendatangkan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri, bentuk syukuran nelayan seperti ini harus dikemas secara dinamis dan menarik. Pelaksanaan Syukuran Nelayan ini harus dimanfaatkan dengan baik.

Yusuf sampaikan “kami atas nama panitia penyelenggara mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang telah mendukung penuh dan mudah-mudahan kedepannya kegiatan ini lebih baik dan lebih baik lagi,” pungkasnya.

(Novita)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini