Kolaborasi Antara DPRD Bersama Pemkab Barito Selatan Sepakati Program Kegiatan APBD-P 2022 Tangani Inflasi Daerah

0
19
Iklan

Buntok Newsbin.Com – DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menyepakati Fokus Program Pembangunan pada Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2022 untuk menangani Inflasi Daerah. Newsbin, pada Kamis, 8 Setember 2022.

“Sejumlah Program tersebut seperti melaksanakan kegiatan pasar penyeimbang, dan pasar murah menjelang hari-hari besar keagamaan,” Ucap Lisda Arriyana, Penjabat Bupati Barito Selatan, ketika usai menghadiri Rapat Paripurna Persetujuan Bersama KUA-PPAS Perubahan 2022.

Pada APBD murni 2022 lalu, kegiatan tersebut memang sudah dianggarkan, namun pada APBD-P 2022 ini anggarannya dilakukan penambahan, “Ada beberapa Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang anggarannya difokuskan untuk menangani dampak Inflasi Daerah ini,” Ucapnya.

Lisda juga menyampaikan, disamping menangani Inflasi, sejumlah kegiatan lainnya sesuai dengan Kebijakan Umum Anggaran, dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan 2022 yang sudah disepakati akan melaksanakan sejumlah kegiatan lainnya, “Kegiatan tersebut seperti mendukung infrastruktur dasar Pendidikan, dan Kesehatan yang akan mengacu pada kegiatan tahun anggaran 2023 mendatang,” Jelasnya.

Pada kesempatan itu, Lisda juga mengucapkan terimakasih kepada DPRD Barito Selatan yang telah mendukung kegiatan pada Anggaran Perubahan 2022 ini. Sementara HM Farid Yusran, Ketua DPRD Barito Selatan mengatakan, dalam Rapat Paripurna ini dilaksanakan penandatangan Nota Kesepakatan KUA-PPAS tersebut.

“Dalam KUA-PPAS perubahan ini ada bertambahnya sumber pendapatan dana dana transfer umum dari pusat berupa Insentif Daerah, lain-lainnya, dan bagi hasil dari Provinsi,” Ungkap Ketua DPC PDIP Barito Selatan ini.

Dikatakannya, dana tersebut digunakan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui sejumlah kegiatan seperti pasar penyeimbang, pasar murah, dan bantuan sosial lainya, “Kegiatan yang dilaksanakan tersebut menyeimbangi dengan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Pusat,” Pungkasnya.

Acara Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Barito Selatan tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekda Barsel, Eddy Purwanto, dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini