Peluncuran SIAP QRIS Bank Kalsel Di Pasar Limbur Raya Kotabaru

0
93
Iklan

Kotabaru Newsbin.com – Bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Pemerintah Kabupaten Kotabaru melaunchingkan implementasi SIAP (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai) Code Indonesia Standard (QRIS) Bank Indonesia Kalsel. Newsbin, Pada Jum’at, (09/09/2022).

Dimana, SIAP QRIS merupakan aplikasi pembayaran uang elektronik yang bisa dioperasikan secara praktis, melalui banking. Nasabah tidak harus ke Bank ataupun ATM cukup melalui Hand phone (HP).

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, SH melalui Sekda, H Said Ahmad dalam kesempatannya mengatakan, adanya QRIS disediakan di lokasi pasar Limbur Raya, guna untuk mempermudah proses transaksi pembayaran bagi secara non tunai melalui aplikasi online dalam bentuk scan barcode.

Kegiatan ini juga sebagai wujud nyata pemerintah untuk lebih maju dalam hal peningkatan kemudahan transaksi baik aktivitas jual beli maupun retribusi di pasar Limbur Raya khususnya.

“Launching SIAP QRIS ini menjadi momentum untuk mempersiapkan pasar dan pusat perbelanjaan dalam memasuki era kenormalan baru”, terang Said.

Said berharap, dengan adanya aplikasi ini mampu meminimalisir tingkat kebocoran PAD, mampu meningkatkan transparansi pajak dan retribusi daerah.

“Saya berharap agar “SIAP QRIS” dapat disosialisasikan dengan baik kepada semua lapisan masyarakat dan para pedagang”, tambahnya mengakhiri.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Koperindag Kotabaru, Hardhani, menyampaikan, launching SIAP QRIS merupakan bentuk upaya mempermudah transaksi pasar antara penjual dan pembeli.

Selain itu, QRIS ini juga bisa dipakai untuk mempermudah pedagang Pasar Limbur Raya dalam membayar retribusi jasa usaha dan jasa umum.

Selanjutnya Bank Indonesia akan menerapkan aplikasi digital tersebut di pasar-pasar tradisional di Kotabaru.

”Launching QRIS adalah salah satu upaya mempermudah transaksi keuangan bagi pedagang Limbur Raya di Kotabaru”, ujar Hardani.

Kegiatan yang dilaksanakn pada Kamis (08/09) di halaman pasar Limbur Raya ini dihiasi dengan pasar murah bagi masyarakat. Wargapun terlihat antusias berbondong-bondong memadati pasar murah itu.

Termasuk menjadi serbuan para pembeli yang dominan yaitu minyak goreng dan gas LPJ melon / 5 kg.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini