Intensitas Hujan Tinggi Sebabkan Beberapa Desa Di Barito Selatan Terendam Banjir

0
110
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – Dalam 3 hari terakhir intensitas curah hujan tinggi mengakibatkan beberapa desa di Barito Selatan terendam banjir.

“Karena intensitas curah hujan tinggi debit air meluap terutama sungai ayuh sehingga menyebabkan beberapa desa di Kecamatan Gunung Bintang Awai terendam banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya. Newsbin, Pada Rabu, 14 September 2022.

Ia mengatakan debit air juga naik dari 10,20 menjadi 13,60 CM. Jadi saat ini status waspada dan banjir.


Adapun Desa yang terendam banjir yakni di Desa Muka haji mulai merendam jalan dan Desa Sei Paken rumah warga terendam dengan ketinggian air kurang lebih 30 CM.


Ia menyampaikan beberapa hari yang lalu juga banjir bandang menerjang Desa Hingan di Kecamatan Dusun Utara.

“Kita telah menyalurkan bantuan Pj Bupati Barsel ke Desa Hingan sedikitnya 30 KK terdampak banjir bandang tersebut,” beber dia.

Bantuan ini, sambung dia, merupakan pertolongan pertama sebagai bentuk hadirnya pemerintah di tengah masyarakat tertimpa musibah.
Menurutnya, pihaknya selalu memantau perkembangan banjir, para anggota sudah bergerak ke lokasi titik banjir untuk mendata warga yang terdampak.

“Kita memantau dan siaga selama 24 jam, serta juga menyiapkan logistik bantuan serta peralatan evakuasi jika diperlukan, sehingga masyarakat tidak terlalu panik,” kata dia.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap ancaman banjir terlebih banjir bandang.

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini