Intensitas Hujan Tinggi Sebabkan Beberapa Desa Di Barsel Terendam Air, Dan Akibatkan Banjir

0
93
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Dalam  3 hari terakhir intensitas curah hujan tinggi mengakibatkan beberapa desa di Barito Selatan terendam banjir. Newsbin, pada Rabu, 14 September 2022.

“Karena intensitas curah hujan tinggi debit air meluap terutama sungai ayuh sehingga menyebabkan beberapa desa di Kecamatan Gunung Bintang Awai terendam banjir,” Ungkap Alip Suraya, Kepala Pelaksana BPBD Barsel.

Debit air juga naik dari 10,20 menjadi 13,60 CM. Jadi saat ini status waspada dan banjir. Adapun Desa yang terendam banjir yakni di Desa Muka haji mulai merendam jalan, dan Desa Sei Paken rumah warga terendam dengan ketinggian air kurang lebih 30 CM.

Beberapa hari yang lalu juga banjir bandang menerjang Desa Hingan di Kecamatan Dusun Utara, “Kita telah menyalurkan bantuan Pj Bupati Barsel ke Desa Hingan sedikitnya 30 KK terdampak banjir bandang tersebut,” Bebernya.

Bantuan ini merupakan pertolongan pertama sebagai bentuk hadirnya Pemerintah di tengah masyarakat yang saat ini tertimpa musibah. Pihaknya selalu memantau perkembangan bencana banjir, para Anggota sudah bergerak ke lokasi titik banjir untuk mendata warga yang terdampak.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap ancaman banjir terlebih banjir bandang, “Kita memantau, dan siaga selama 24 jam, serta juga menyiapkan logistik bantuan serta peralatan evakuasi jika diperlukan, sehingga masyarakat tidak terlalu panik,” Pungkasnya.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini