Pelantikan Ardianson Sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Dusun Selatan Langsung Oleh Pj Bupati Barito Selatan

0
11
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana melantik Ardianson sebagai Damang Kepala Adat (DKA), Kecamatan Dusun Selatan periode 2022 – 2028 mendatang. Newsbin, pada Rabu, 14/09/2022.

“Pengambilan sumpah/janji Damang Kepala Adat Kecamatan Dusun Selatan ini sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Barito Selatan Nomor 5/2012 tentang Kelembagaan Adat Dayak,” Katanya.

Lisda berharap kepada damang yang dilantik agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas, dan kewenangannya, “Disamping itu, damang harus mampu memimpin wilayahnya dan mampu berkoordinasi secara baik dan benar serta menguasai tugas pokok dan fungsinya sesuai perda Barsel tentang Kelembagaan adat dayak,” Pintanya.

Damang juga diharapkan dapat menjadi mitra yang baik bagi Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Desa terutama dalam hal menegakan, memperjuangkan serta melestarikan hukum maupun hak-hak Masyarakat Adat, “Hal itu dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik (Good and Clean Governance) guna kemajuan Kabupaten Barito Selatan,” Tambahnya.

Untuk itu, Lisda meminta kepada kepala damang adat agar bekerja, melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh, penuh tanggungjawab sesuai dengan tugas, dan fungsinya.

“Apabila ada perselisihan atau pelanggaran Adat dapat diselesaikan dengan cara damai. Pelihara, kembangkan serta gali Kesenian, Kebudayaan Asli, peliharalah benda-benda, dan tempat bersejarah warisan leluhur,” Harapnya.

Bantulah Pemerintah Daerah dalam mengusahakan kelancaran pelaksanaan Pembangunan disegala bidang, terutama bidang Adat Istiadat, kebiasaan-kebiasaan, dan Hukum Adat, “Kita juga meminta damang ikut memelihara stabilitas daerah, Nasional yang sehat serta dinamis yang dapat memberikan peluang yang luas kepada Aparat Pemerintah terutama Pemerintah Kecamatan, dan Desa/Kelurahan dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan Pemerintah yang bersih, dan berwibawa,” Pungkas Lisda Arriyana, Pj Bupati Barito Selatan.

Acara Pelantikan Damang Kepala Adat yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Dusun Selatan berjalan lancar, yang dihadiri sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), dan Kepala Desa di wilayah Kecamatan setempat.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini