Dit Binmas Polda Lampung Laksanakan Binkatpuan Di Polres Lampung Tengah

0
36
Iklan

Lampung Tengah Newsbin.Com – Dit Binmas Polda Lampung menggelar kegiatan pembinaan peningkatan kemampuan  (Binkatpuan) Bhabinkamtibmas di aula Atmani Wedhana Polres Lampung Tengah yang dipimpin oleh Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu, S.H. Newsbin, Pada Selasa (20/9/2022).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Giat Binkatpuan Bhabinkamtibmas,Kita Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Bhabinkamtibmas dalam rangka Pemeliharaan Kamtibmas yang Kondusif”.

Mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya,S.I.K.,M.Si, Wakapolres Kompol Poeloeng Arsa Sidanu,S.I.K.,M.M didampingi Kasat Binmas AKP Yuswantoro dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu, S.H beserta anggota yang telah hadir di Polres Lampung Tengah dalam rangka (Binkatpuan) Bhabinkamtibmas.

Wakapolres menyampaikan kepada 150 (seratus lima puluh) Anggota Bhabinkamtibmas yang hadir,untuk betul betul serius dalam menerima arahan dari Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu beserta tim sehingga dapat mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dilapangan,’’jelasnya.

Kemudian Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu dalam arahannya menyampaikan Fungsi Binmas adalah kekuatan inti Polri dalam bidang Preemtif, yang bertujuan agar masyarakat memiliki daya tangkal dan daya cegah terhadap segala macam gangguan Kamtibmas.

Anggota Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugas harus sesuai dengan Tribrata dan berpedoman pada Catur Prasetya sehingga diharapkan anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Lampung Tengah dapat meningkatkan kompetensi serta profesionalisme dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang tetap aman kondusif diwilayahnya masing-masing.

Bhabinkamtibmas juga menjadi garda terdepan dalam penyelesaian masalah, sehingga kehadiran Polisi betul-betul sangat dirasakan oleh masyarakat,’’ujarnya.

Dalam hal ini, Wadir Binmas meminta kepada seluruh jajaran Bhabinkamtibmas Polres Lampung Tengah harus mampu membantu fungsi Intelijen, Reskrim dalam penanganan tindak pidana ringan yang dapat diselesaikan dengan kesepakatan bersama (Restorative Justice) dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Dimana Restorative Justice sejalan dengan kearifan local untuk menyelesaikan masalah dengan musyawarah mufakat,saling memaafkan, dan pihak- pihak yang bermasalah mendapat keadilan yang seimbang.

‘’Pendekatan Restorative justice (keadilan restoratif) tersebut digunakan jika perkara memenuhi syarat-syarat tertentu sebagaimana diatur dalam sejumlah Surat Edaran dan Telegram Kapolri ”tambahnya.

Terakhir, Wadir Binmas menekankan kepada seluruh jajaran Bhabinkamtibmas agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak nama baik Instansi Polri khususnya nama baik Polres Lampung Tengah,Polda Lampung,’’ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu kepada M. Imam Rofi’I,Mujahidin Mustaqim dan M. Nawawi selaku Da’i Kamtibmas Polres Lamteng serta perwakilan Anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Lamteng.

Humas LT – Trimo Riadi Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini