Kodim 0607/Kota Sukabumi Gelar Apel Kesiapsiagaan Guna Mengantisipasi, Dan Menghadapi Terjadinya Bencana Alam

0
26
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Bertempat diLapangan Apel Makodim 0607/Kota Sukabumi Jl. RA Kosasih Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, telah dilaksanakan Apel Gelar Kesiapan Guna mengantisipasi, dan menghadapi terjadinya bencana alam Banjir, dan tanah longsor di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi. Newsbin, Pada Selasa, 20/09/2022.

Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P, M.M.Han., M.I.Pol. dalam Amanatnya menyampaikan, “Puji dan Syukur senantiasa Kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas perkenan, ridhonya, sehingga kita masih diberi kesehatan, dan kesempatan, untuk melaksanakan kegiatan ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Kegiatan ini Merupakan bagian dari upaya pencegahan dini yang harus diselenggarakan guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi, sehubungan dengan cuaca yang cukup ekstrim dengan curah hujan yang cukup tinggi pada saat ini.

Hal ini sangat penting, dan strategis untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan sumber daya manusia TNI, Polri, BPBD, dan Dinas terkait lainnya agar lebih Profesional. Sehingga mudah koordinasi memiliki kesamaan presepsi pola pikir serta pola tindak secara sistematis, dan terstruktur sesuai dengan standar operasional prosedur, dan peraturan yang berlaku demi terwujudnya keberhasilan tugas yang maksimal.

Diharapkan seluruh personel instansi terkait, dan unsur Organisasi relawan kebencanaan lainya, selalu siap siaga untuk menghadapi musim penghujan September, sampai Desember 2022. Di predikdi puncak musim penghujan pada bulan Januari, dan Februari 2023.

Disamping itu pula, kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk kesiapsiagaan khususnya Personil yang berada dilapangan apabila suatu saat terjadinya bencana alam sehingga seluruh Personil serta sarana prasarana yang akan dipergunakan dapat maksimal penggunaannya.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut kita dituntut untuk melakukan langkah – langkah prioritas yang tepat, cepat, dan terukur dalam mencapai keberhasilan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan – kegiatan masyarakat tersebut, terutama pada saat terjadinya bencana alam.

Berbagai tantangan tugas tersebut diperlukan antisipasi, dan upaya kita bersama dengan melaksanakan kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana alam guna meningkatkan sinegritas, dan soliditas yang baik dengan instansi terkait. Dalam rangka kesiapan saat ada bencana.

“Hal tersebut merupakan amanah UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya BabIV pasal 7 tentang tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) juga sebagai bentuk kepedulian Kota/Kab Sukabumi dalam mengatasi kesulitan masyarakat yang terkena musibah bencana,” Ucap Dandim.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini kita bisa lebih waspada, cepat dalam mengatasi kejadian bencana alam yang kemungkinan terjadi di wilayah Sukabumi.


Semoga Allah SWT, senantiasa melimpahkan rahmat, dan bimbinganya kepada kita semua dalam pelaksanaan tugas, pengabdian terbaik kepada masyarakat, Bangga, dan Negara,” Jelasnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 orang yang terdiri Anggota Kodim 0607/Kota Sukabumi, Anggota Subdenpom Sukabumi, Anggota Polres Sukabumi Kota, Satpol PP Kota Sukabumi, Anggota Damkar Kota Sukabumi, BPBD Kota Sukabumi, Tagana, Pramuka, PMI, PLN, dan ormas FKPPI.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini
Mayor Inf Suntoro (Kasdim 0607/Kota Sukabumi), dan Para Pasi Kodim 0607/Kota Sukabumi.

Setelah Upacara selesai dilanjutkan pemberian materi dari Damkar Kota Sukabumi tentang cara evakuasi binatang berbisa, dan pemadaman api mengunakan APAR, dan kain Basah.

Pendim 0607 – Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini