Gubernur Kalsel Buka Musprov IV Senkom Mitra Polri

0
245
Iklan

Banjarmasin Newsbin.Com – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor melalui Asisten Administrasi Umum, H. Subhan Noor Yaumil, SE. M.Si pada Minggu (25/09) membuka secara resmi Musyawarah Provinsi (Musprov) IV Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom MP) tahun 2022 di halaman Mako Senkom, Jl. Jendral Ahmad Yani, Km. 4, Simpang Empat Plyover, Kelurahan Karang Mekar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Banjarmasin. Newsbin, Pada Minggu (25/09/2022).

Melalui pidato yang dibacakan H. Subhan, Gubernur menyambut baik dan mengapresiasi atas terlaksananya Musprov IV SENKOM Mitra Polri. Hal ini menunjukan bahwa roda organisasi berjalan sesuai ketentuan dan aturan organisasi.

Semoga Musprov ini dapat berjalan dengan lancar, menghasilkan kesepakatan serta keputusan yang dapat diterima, dijalankan dan didukung oleh seluruh anggota.

Sehingga dapat memperkuat Senkom Kalsel sebagai sebuah organisasi dan dapat terus menjadi mitra polri dan pemprov Kalsel dalam membangun Banua dalam bidang Kamtibmas.

Suksesnya sebuah pembangunan sangat dipengaruhi oleh kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat oleh karena itu, kehadiran Senkom menjadi sangat penting.

Dalam tugas dan fungsinya Senkom juga menjadi media antara polri dengan masyarakat dan sebaliknya.

Senkom diharapkan bisa menjadi jembatan untuk mendekatkan polisi belum dengan masyarakat serta menjadi tauladan sebagai masyarakat yang sadar Kamtibmas yang sadar hukum, sadar kamtibmas serta mewujudkan partisipasi akan pentingnya sinegritas antar masyarakat dengan aparat.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Senkom Mitra Polri H. Karno Hadi, SE. MM melalui Ketua PP, H. Lukman Abdul Fatah, S.Si, M.Si, MT mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya Musprov IV Senkom MP tahun 2022, Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara yang bertema “18 Tahun SENKOM MITRA POLRI PRIMA (Profesional, Responsif, Inovatif, Modem, Akuntabel) dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di bidang Kamtibmas’ dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (24-25/09) secara Hibryd dan diikuti oleh seluruh perwakilan dan anggota SENKOM di seluruh kabupaten kota se – Kalimantan Salatan.

“Senkom MP adalah kelempok masyarakat yang ingin membantu pengamanan serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya Pamswakarsa di lingkungan masing-masing, sebagai wujud bela negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, jelas Lukman.

Selanjutnya, ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/526/V/2007 pada 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk menbina Senkom MP di seluruh Indonesia, sehingga diharapkan dapat berperan menjadi Forum Komunikasi Polisi Masyarakat Masyarakat (FKPM) untuk membantu memecahkan permasalahan sosial, yang berdampak terhadap sumber gangguan kamtibmas di lingkungan masyarakat, sebagai barometer stabilitas politik, pertahanan dan keamanan.

Masih Lukman, Senkom juga telah berhasil memperpanjang nota kesepahaman / MoU yang menjadi payung hukum bagi kerjasama antar lembaga, yaitu : Mabes Polri (2019), BNN (2021), BNPB (2019), Kemenhan RI (2021 dan Basarnas (2021).

Melalui MoU tersebut Senkom berhasil melakukan penguatan di 3 (tiga) klaster, yaitu :

  1. Bidang Kamtibmas dengan semboyan ‘Menembu jarak tanpa batas’.
  2. Bidang sosial kebencanaan dan SAR, ‘Siaga saat aman, ada saat dibutuhkan’.
  3. Bidang Bela Negara, ‘NKRI harga mati’.

Acara dihadiri oleh Dewan Pembina Pusat Senkom, Irjen (pur) Sriono, Kasubdit Polda AKP Tukiman, Pawi Intel Korem, Mayor Inf. Waryanto, Ketua Senkom, Untung Priyono, ST, Ketua FORSGI, Budiono, Ketua DPW LDII, Dedi Supriatna, perwakilan Poltabes, Dandim dan perwakilan Pengurus Senkom kabupaten / kota se – Kalimantan Selatan.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini