PMR SMAN 1 Buntok Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Pasien Gawat Darurat

0
268
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – Dalam rangka HUT SMAN 1 Buntok ke-59 dan Hari Jadi Kabupaten Barito Selatan ke-63, Palang Merah Remaja (PMR) SMAN-1 Buntok melaksanakan pelatihan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat, bekerjasama dengan DWP UPT RSUD Jaraga Sasameh Buntok. Bertempat di aula sekolah. Newsbin, Pada Senin (26/9/2022) Pagi.

Salah seorang guru, Cilatesni, S.pd mewakili Plt Kepala Sekolah, Dra. Hj. Mahyani, M.pd mengatakan, anak-anak UKS PMR SMAN-1 Buntok berdedikasi tinggi dengan tugas ini, namun masih minim pengetahuan untuk menangani pasien atau korban gawat darurat.

Seperti, pingsan, patah kaki, keseleo, serta sakit maag dan asam lambung.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pihaknya berharap berharap para murid yang tergabung dalam UKS PMR mengikuti materi dengan baik, sehingga bisa diterapkan baik dilingkungan sekolah maupun keluarga.

“Kegiatan ini sangat penting untuk melakukan pertolongan pertama dengan baik dan benar bagi orang sakit atau korban kecelakaan, sebelum mendapatkan pertolongan dari medis,” kata Cilatesni.

Ia menambahkan, tidak hanya untuk mereka hanya sebatas di PMR, namun jika sewaktu-waktu ada orang yang perlu pertolongan pertama mereka sudah bisa membantu dengan baik dan benar.

Sementara itu, ketua DPW UPT RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Ny. Kameliya Norman Wahyu mengatakan, pihaknya memberikan materi dasar dalam pelatihan pertolongan pertama pada pasien kegawatdaruratan.

Misal penanganan pada pasien keseleo, jatuh dari tangga, serta pingsan saat upacara bendera.

“Hal ini tujuannya agar anggota PMR ini dapat menangani atau melakukan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat agar terhindar lebih fatal, sebelum ditangani medis,” jelas dia.

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini