Kodim 0607/Kota Sukabumi Ikuti Apel Gelar Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2022

0
151
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Bertempat di Lapang Merdeka Kota Sukabumi Jl. Perintis Kemerdekaan, Kel. Gunungparang Kec. Cikole, dan Kota Sukabumi telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiasiagaan Menghadapi Bencana Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2022, dan dengan penanggung jawab H. Imran Wardani, Kalak BPBD Kota Sukabumi. Newsbin, Pada Kamis, (06/10/2022).

Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P, M. M. Han., M.I.Pol yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Suntoro menghadiri Apel kesiapsiagaan menghadapi Bencana.

H. Achmad Fahmi, Walikota Sukabumi selaku pengambil pengambil Apel menyampaikan, dan “Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada unsur Forkopimda Kota Sukabumi serta unsur penanggulangan bencana serta teman-teman lapangan yang secara sinergis telah mempersiapkan rangkaian kesiapsiagaan penanggulangan bencana,” Ucap sambutnya.

“Kehadiran bentuk kongkrit Negara hadir di tengah masyarakat dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana. Kita tinjau dari aspek geologis morfologis, dan juga topografi wilayah Sukabumi tidak dapat terlepas dari risiko bencana. Sebagian besar wilayah Kota Sukabumi merupakan Medan bergelombang sehingga rentan terhadap bahaya longsor atau gerakan tanah,” Tambahnya.

Kota Sukabumi tercatat jenis bencana yang dominan terjadi sepanjang tahun yaitu banjir genangan, longsor, dan puting beliung atau cuaca ekstrem, dan kebakaran pemukiman serta getaran gempa bumi. Dari sistem informasi elektronik data bencana yang dihimpun BPBD Kota Sukabumi selama Januari sampai dengan 31 September 2022 secara agregat tercatat 136 kali kejadian yang tersebar di tujuh Kecamatan.

Secara aggregate tercatat 136 kali kejadian, dan yang tersebar di tujuh Kecamatan, dan akibat kejadian tersebut ditaksir nilai kerugian mencapai Rp. 8.816.845.000 dengan luas area 60,976 hektare, dan 868 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Dari warga terdampak itu terdapat sebanyak 13 orang mengungsi, dan satu orang meninggal, dan luka ringan enam orang, dan Sementara kerusakan materiil yakni 721 unit bangunan rusak yakni 52 unit rusak berat, dan 189 unit rusak sedang, dan 480 unit rusak ringan.

“Melalui gelar apel kesiapsiagaan ini meminta seluruh Jajaran untuk memanfaatkan sumber daya di gunakan dengan baik, dan kita siap siaga 1 X 24 jam ketika bencana datang.

Mari kita sikapi dengan pikiran yang positif semakin mewaspadai semakin sadar, dan semakin kita membangun segala instrumen untuk meminimkan bencana,” Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini H. Achmad Fahmi, Walikota Sukabumi, AKBP Sy Zainal Abidin S.IK., Kapolres Sukabumi Kota, Ibu Seryiowati, SH. MH., Kepala Kejari Kota Sukabumi, Mayor Inf Suntoro, Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Kompol Fitra Juanda, Wakapolres Sukabumi Kota, dan Para Tamu Undangan.

Pasukan apel terdiri dari Kodim 0607/Kota Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, BPBD Kota Sukabumi, Dishub Kota Sukabumi, DLH Kota Sukabumi, Satpol PP Kota Sukabumi, Tagana, PLN, PUTR PMI, Pramuka, dan di hadiri sekitar 300 orang.

Pendim 0607 – Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini