Lisda Arriyana Pj Bupati Barito Selatan Serahkan BSPS Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

0
15
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) NAHP bagi masyarakat berpenghasilan rendah, di kantor Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan. Newsbin, pada Rabu, 19/10/2022.

Kegiatan tersebut sekaligus Launching Gerakan ‘Nangkaeh Tumpuk Takam’ (Perbaikan Kampung Kita) untuk peningkatan penyelenggaraan perumahan, dan kawasan permukiman melalui Sinergitas Stakeholder. Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional 100-0-100 yaitu 100 Persen Akses Air Minum, 0 Persen Perumahan Kumuh, dan 100 Persen Akses Sanitasi Layak.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang memiliki fungsi strategis sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya, “Alhamdulilah kita telah menyerahkan buku tabungan secara simbolis bagi masyarakat berpenghasilan rendah penerima bantuan BSPS,” Ucap Lisda Arriyana.

Negara bertanggung jawab melindungi segenap Bangsa Indonesia melalui Penyelenggaraan Perumahan, dan Kawasan Permukiman agar masyarakat mampu bertempat tinggal. Serta menghuni rumah yang layak, dan terjangkau di dalam lingkungan yang sehat, aman, harmonis serta berkelanjutan di seluruh wilayah, “Hal ini tertuang di dalam UU No.  1  Tahun 2011 tentang Perumahan, dan Kawasan Permukiman,” Tegasnya.

Ia juga menyampaikan melalui upaya Perbaikan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni menjadi Rumah Layak Huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah diharapkan Mampu Mempercepat Penurunan Kemiskinan. Penanganan Stunting, dan Penderita TBC, serta juga mencegah timbulnya perumahan, dan permukiman kumuh di Kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, “Kita mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR, dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Kalimantan I melewati Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Kalteng,” Ucapnya.

Semoga tahun-tahun mendatang Barito Selatan tetap mendapat alokasi BSPS dengan jumlah unit yang lebih banyak lagi. Sementara Kepala Dinas Perkimtan Barsel, Beni Mahar menambahkan bahwa pada tahun 2022 ini Barsel memperoleh BSPS melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk masyarakat berpenghasilan rendah sebanyak 96 unit rumah.

Jumlah tersebut, lanjut dia, tersebar di 3 Desa di Kecamatan Dusun Selatan yakni, sejumlah 26 unit  di Desa Pamait, 35  unit di Desa Teluk Mampun, dan 35 unit di Desa Danau Sadar, “Setiap masyarakat berpenghasilan rendah penerima bantuan BSPS mendapatkan bantuan Rp 20 juta. Dengan rincian untuk bahan material 17,5 juta dan upah Rp 2,5 juta,” Pungkasnya.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini