Peringati Hari Santri, AMI Ajak Nostalgia Pengurus Pusat

0
59
Iklan

Surabaya Newsbin.Com – Guna memperingati hari Santri Nasional, dan kali ini Aliansi Madura Indonesia (AMI) mengadakan acara tasyakuran yang digelar sederhana di tugu pahlawan Surabaya bersama pengurus jajarannya. Newsbin, Pada Jum’at, (21-10-2022).

Hal itu dilakukan oleh Aliansi Madura Indonesia dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, dan bahwa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia terdapat peran ribuan kiai dan santri di dalamnya.

Jadi, dengan ditetapkannya Hari Santri Nasional, generasi saat ini dapat merefleksikan sejarah para santri dan kiai dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh Baihaki Akbar, S.E.,S.H selaku ketua umum Aliansi Madura Indonesia menerangkan bahwasanya para santri ikut bergabung dengan seluruh elemen bangsa dalam melawan penjajah. Tak hanya itu, dan mereka menyusun kekuatan di daerah terpencil, mengatur strategi, dan mengajarkan kesadaran tentang arti kemerdekaan.

“Para santri memiliki kontribusi dalam membimbing praktik keagamaan di masyarakat. Banyak santri yang menjadi pemimpin pada komunitas mulai dari imam mushola, pimpinan majelis taklim, dan hingga turut andil mengambil peran penting dalam lembaga pemerintahan, aset berharga ini harus dirawat agar dapat membawa kebaikan dan kemaslahatan,” tandas ketum AMI (21/10) yang juga merupakan alumni pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.

Dirinya juga memberikan nuansa nostalgia kepada seluruh pengurusnya, dengan memberikan nuansa seperti di pondok pesantren, yakni makan bersama secara berjamaah dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya, dan sekaligus untuk mengenang bahwa perjuangan santri saat menuntut ilmu begitu sederhana.

“Dari sinilah kekuatan santri dibentuk, hingga melahirkan tokoh-tokoh besar seperti KH. Hasyim Asy’ari yang menyerukan 22 Oktober 1946 menjadi momentum kebangkitan kaum santri dalam perjuangan mempertahankan proklamasi Kemerdekaan RI,” pungkasnya.

Burhan

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini