Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Upacara Hari Santri Nasional 2022 Tingkat Kota Sukabumi

0
68
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Bertempat di Lapangan Merdeka Kel. Gunung Parang, Kec. Cikole Kota Sukabumi, telah dilaksanakan kegiatan Upacara Hari Santri Nasional 2022 Tingkat Kota Sukabumi dengan Tema “Berjaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Newsbin, Pada Sabtu, (22/10/2022).

Komandan Kodim 0607Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P, M. M. Han., M.I.Pol menghadiri Upacara Hari Santri Nasional 2022 Tingkat Kota Sukabumi.

Selaku pembina upacara H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Walikota Sukabumi, dan diikuti sekitar 350 orang .

Amanat Mentri Agama yang dibacakan oleh H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., “Dalam suasana memperingati Hari Santri pada tanggal 22 Oktober 2022, marilah kita panjatkan puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga rahmat, berkah, dan perlindungan-Nya senantiasa menyertai kita semua”, Ujarnya.

Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Maksud tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarma bhaktikan hidupnya untuk Bangsa, dan Negara.

Santri selalu terlibat aktif dalam peperangan melawan penjajah. KH. Wahid Hasyim, ayah KH. Abdurrahman Wahid, adalah salah satu santri yang terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal-awal kemerdekaan.

Pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, dan memiliki keahlian bermacam-macam, dan bahkan mereka menjadi pemimpin Negara.

Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga, dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

Tidak ada satu pun Agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat, dan martabat manusia.

Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, dan santri selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

Hari Santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai Kebangsaan.

Mari kita bersama-sama mendoakan para Pahlawan terutama dari kalangan Ulama, Kiai, santri yang telah Syahid di medan perang demi kemaslahatan Bangsa, dan Agama.

Pada kesempatan tersebut hadir dalam kegiatan antara lain :
AKBP. Sy Zainal Abidin S.IK, Kapolres Sukabumi Kota, H. Andri Hamami, Wakil Walikota Sukabumi, H. Kamal, Ketua DPRD kota Sukabumi, Drs. Dida Sambada, Sekda Kota Sukabumi, Drs. H. A. Chalik Mawardi M. Ag., Kepala Kementrian Agama Kota Sukabumi, KH. Aab Abdullah, Ketua MUI Kota Sukabumi, H. Ade Muhiyar, Ketua FKUB Kota Sukabumi, Para Pimpinan Pondok Pesantren Kota Sukabumi.

Peserta upacara Perwakilan Ponpes per Kecamatan di wilayah Kota Sukabumi. Acara tambahan setelah pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional th. 2022 .

Penyerahan Bantuan secara simbolis Kartu BPJS ketenaga kerjaan, Beasiswa Santri Tahfizh Al Quran, dan Bantuan Intensif guru ngaji.

Penampilan pencak silat dari Pesantren Dzikir Al – Fath, dan Devile peserta upacara.

Pendim 0607 – Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini