Kejadian Bencana Tanah Longsor Di Kp. Cileutik, Desa Pasir Datar Kec. Caringin Menelan 3 Korban Jiwa

0
50
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Terjadi Pada hari Senin tgl 24 Oktober 2022, sekitar Pukul : 15.30 WIB bertempat di Kp. Pasir Leutik RT 002/001 Ds.Pasirdatar Kec. Caringin Kab. Sukabumi telah terjadi tanah longsor yang di akibatkan/di perkirakan oleh resapan air Kolam pemancingan yang sudah lama beroperasi yang posisinya berada di atas pemukiman warga, sehingga berdampak terhadap tanah, rumah sekitar kolam menjadi labil, gembur, mengakibatkan longsor tanah -+ 35 meter, dan 2 unit rumah habis tergusur tanah. Newsbin, pada Senin, 24/10/2022.

Diketahui rumah korban kepemilikan A.N Maman Alm (60 thn), dan Enjang (52 thn)

Kronologi kejadian singkat, pada Pukul 15.30 WIB dengan cuaca cerah, tiba-tiba warga melihat aliran arus air yang lumayan deras turun dari atas jalan, yang diperkirakan keluar dari air kolam pemancingan, kemudian air tumpah dari jalan ke tanah, rumah korban, seketika pada saat itu juga terjadi longsor, dan rumah ambruk, kemudian warga sekitar yang melihat kejadian tersebut sepontanitas berteriak minta tolong warga sekitar agar melihat ke TKP serta membantu korban longsor.

Kemudian warga sekitar laporan kepada Aparat setempat (RT, RW, KADES, BABINSA & BABINKAMTIBMAS.)

Tepatnya pada pukul 15.45 WIB Kemudian seluruh warga setempat, bersama Aparat terkait Lintas sektoran, TNI, POLRI, BPBD, POL PP, MUSPIKA, PMI, RELAWAN SEHATI, PRAMUKA, TAGANA, BASARNAS, dan SAR melaksanakan evakuasi terhadap korban, dan ditemukan identipikasi korban sebanyak 1 KK terdiri dari 3 orang yang tertimbun tanah A.N :

  1. Ibu Mumu (50 thn) alm,
  2. Bpk. Maman (60 thn) alm,
  3. Bayu (8 thn) alm,
    korban sudah ditemukan 3 mayat (A.N Ibu. Mumu, Bpk. Maman, dan Bayu (8 thn).

Lalu pada pukul 18.00 WIB 3 korban mayat dapat di evakuasi ke RS. Sekarwangi dengan ambulance.

Kerugian yang diakibatkan bencana tersebut : Personel : 3 orang (meninggal dunia) alm, Materil : 2 Unit rumah hancur tertimbun tanah -+ Rp.500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah).

Saat ini Aparat terkait lakukan tindakan
Babinsa, dan Babinmas Desa Pasirdatar beserta Aparat terkait lain Kec.Caringin mendatangi tempat kejadian longsor untuk melakukan pendataan, dan membantu upaya evakuasi bersama warga sekitar, dan lakukan evakuasi melibatkan 3 Unit ambulance 1 Unit mobil Resqiu/BPBD Kab.Sukabumi

Pada pukul 18.30 WIB evakuasi korban dinyatakan selesai dengan aman, dan pembersihan material longsoran akan dilanjutkan besok hari.

Mike – Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini