Dalam Rangka Peringati Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Dinkes Barito Selatan Laksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Di SMAN 1 Buntok

0
13
Iklan

Buntok Newsbi.Com – Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di SMAN 1 Buntok. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, dan Hari Kesehatan Nasional Ke-58. Newsbin, pada Rabu, 26/10/2022.

Kepala Dinkes Barsel, drg. Daryomo Sukiastono mengatakan gerakan nasional aksi bergizi ini melibatkan lintas sektor tingkat pusat dan daerah serta seluruh sekolah. Artinya kegiatan ini dilaksanakan secara serentak Se-Indonesia. Ia juga menyampaikan untuk penerima manfaat dari kegiatan ini para Remaja Putri, “Kita mengucapkan terima kasih kepada SMAN 1 Buntok yang telah bersedia memfasilitasi dan mendukung gerakan nasional aksi bergizi ini,” Ungkap Daryomo Sukiastono.

Dia pun berharap bisa memotivasi sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan ini secara rutin, “Karena hal ini sebagai bentuk meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional,” Jelasnya.

Dia juga membeberkan, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar pada tahun 2018 dari 10 anak ditemukan 3 kasus masih mengalami anemia. Serta status gizi tahun 2021 menyatakan angka stunting di Indonesia masih 14 persen. Penyebabnya, sambung dia, anemia. Ini merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang bisa dialami semua kelompok umur mulai dari balita, ibu hamil bahkan usia lanjut.

Lalu Ia menambahkan, dalam kegiatan ini diikuti 13 Sekolah yang dipilih secara acak oleh UPT Puskesmas Se-Kabupaten Barito Selatan dengan jumlah Peserta sebanyak 1.584 orang dengan rincian Siswi 803, dan Siswa 781 orang tingkat SMP serta SMA.

Sementara kepala SMAN 1 Buntok, Mayani mengapresiasi atas dipercayakan Sekolah ini sebagai tempat Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini. Dalam hal ini, Ia pun berharap agar para Siswa ini nantinya bisa berguna bagi Nusa, dan Bangsa dengan selalu sehat, “Ini memberikan pengertian serta mengingatkan para Siswa bahwa makanan bergizi sangat bermanfaat bagi mereka sebagai Generasi Penerus,” Tutupnya.

Herman S.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini