Pemkab Kotabaru Gelar Gerakan Aksi Bergisi Di 130 Sekolah

0
40
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui badan perencanaan pembangunan daerah melaksanakan kegiatan aksi bergizi di 130 sekolah SMP/SMA/sederajat di Kabupaten Kotabaru. Newsbin, Pada Kamis, (27/10/2022).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Drs. H Said Akhmad. MM di tandai dengan pemukulan gong pada Rabu (26/10) bertempat di MAN Kotabaru dalam rangka implementasi GERMAS melalui launching aksi bergizi di sekolah madrasah serentak secara nasional.

Dimana acara aksi bergizi terdiri dari senam bersama, cuci tangan pakai sabun bersama para siswa, sarapan pagi bersama, minum tablet tambah darah dan pengisian aplikasi ceria bersama, dan melanjutkan kampanye di media sosial.

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru melalui sekretariat daerah Drs. Said ahmad. MM, mengatakan bahwa seluruh sekolah diharapkan ikut melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara serentak sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru menyambut baik melaksanakan kegiatan aksi bergizi dan pemberian tablet tambah darah kepada setiap siswa.

Mengingat anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, dan ibu hamil sampai usia lanjut. Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi anemia pada anak usia 5-14 tahun sebesar 26,8% dan pada usia 15-24 tahun sebesar 32%.

“Kepada seluruh hadirin, dari guru-guru sekolah atas dan semua yang berhadir agar dapat memperhatikan dan menyimak cara pencegahan anemia.”

Sementara Kepala SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Kotabaru mengatakan bahwa pencegahan penyakit anemia di usia dini dapat di lakukan dengan cara hidup sehat, dan mematuhi aturan kesehatan seperti mencuci tangan sebelum makan, dan meminum obat tablet tambah darah untuk setiap remaja putri.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama bersama badan perencanaan pembangunan daerah dan SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Kotabaru bersama ketua organisasi profesi, dan kegiatan ini merupakan cara atau mencegahan untuk penyakit anemia di usia dini dan cara hidup sehat agar mencegah penyakit tersebut.

Oleh karena itu kita bersama GERMAS melalui launching aksi bergizi di seluruh sekolah Tingkat SMP, SMA, Madrasah, dan untuk mensukseskan kegiatan ini dilakukan penandatanganan di komitmen bersama implementasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) di seluruh sekolah.

Sejalan dengan hasil intervensi tersebut, gerakan aksi bergizi diyakini menjadi salah satu upaya startegi dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara penandatanganan dari pencegahan anemia bersama gerakan masyarakat hidup sehat.

Turut hadir ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru Hj. fatma Idiana, Forkopimda, Kepala Kementrian Agama Drs. H. Ahmad Kamal, dan Kepala SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Kotabaru serta tamu undangan.

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini