Pemdes Gunung Ulin Tetapkan RPJMDes, Dan RKPDes Melalui Musrenbangdes

0
57
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Pemerintah Desa Gunung Ulin pada Kamis (03/11) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) dalam rangka penetapan RPJMDes periode 2023-2028 dan penetapan RKPDes tahun anggaran 2023. Newsbin, Pada Minggu, (06-11-2022).

Sebelumnya, melalui sambutannya Kepala Desa Gunung Ulin, Mohammad Penganten menyampaikan kepada para hadirin untuk bisa bersama-sama mengoreksi apa yang menjadi rencana masyarakat.

Anten juga meminta kepada tokoh masyarakat agar segera memasukkan apa yang manjadi keinginan warga jikalau belum masuk dalam RPJMDes dimaksud.

“Minta tolong jika ada yang belum masuk dalam RPJMDes dapat segera menyampaikan ke aparat desa kaur perencanaan”, ujar Kades.

Camat Pulaulaut Utara Hj. Melinda melalui kasi pemerintahan desa dan kelurahan, Bahri, dan mengucapkan syukur atas pendamping desa yang selalu mendampingi desa Gunung Ulin.

“Alhamdulillah di desa gunung Ulin di dampingi pendamping desa dengan cara mandiri” ungkap Bahri.

Kepada kepala desa diharapkan untuk selalu berkonsultasi dan koordinasi dengan pihak kecamatan, dan karena sudah menjadi hak desa untuk mendapatkan pembinaan demi kemajuan desa.

“Kades jangan sungkan-sungkan berkunsultasi dengan kami, karena itu sudah menjadi hak desa”, saran Bahri.

“Padahari ini bapak ibu sudah merencanakan untuk menetapkan rencana pembangunan jangka menengah”, tambahnya.

Dijelaskannya lagi, bahwa pada akhir-akhir ini pemerintah tidak ada dana untuk pembangunan karena mayoritas dianggarkan untuk bantuan Covid-19. Sebelumya untuk bantuan Covid-19 sebanyak 40 % sekarang untuk Covid-19 tinggal 25 %.

Semantara itu, TA. Pendamping Desa, Sunarto mengatakan bahwasanya hari ini kita mengadakan musrenbangdes penetapan RPJMDes dan RPKDes tahun anggaran 2023. Artinya seluruh kegiatan yang akan di akomodir diharapkan tidak ada yang ketinggalan.

Hari ini kita tetapkan serta jadwalkan pelaksanaannya, dan tidak menutup kemungkinan ada yang harus diperbaiki. Sunarto mempersilahkan untuk diperbaiki lagi ketika ada yang perlu diperbaiki.

“Silahkan dikondisikan lagi karena masih ada waktu beberapa hari kedepan”, pinta Sunarto.

“Disini kami banyak membicarakan dana desa kenapa harus di anggarkan, dan karena pada tahun 2023 harus dilakukan pendataan ulang” jelasnya.

Terkait dengan pengelolaan air swadaya diharapkan bisa segera diperdeskan sehingga bisa menjadi PADes

“Karena Bundes itu diwajibkan maka kami dari kecamatan akan melaksanakan bimtek untuk 3 orang, dan mengenai kepengurusannya bisa sambil jalan. Mengenai intensif pengurus Bundes masih dibicarakan, yang jelas akan ada intensifnya” lanjut Sunarto mengakhiri.

Acara dilaksanakan di aula desa /Kantor Desa Gunung Ulin, RT 02, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. (rzq)

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini