Bupati Kotabaru Menghadiri Panen Sekaligus Penanaman Jagung Di Desa Peramasan

0
34
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Alaydrus, SH. pada Selasa (15/11) menghadiri panen, dan penanaman jagung di Desa Pramasan Kecamatan Hampang , Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan seluas 18 hektar. Newsbin, Pada Kamis, (17/11/2022).

Pada kesempatannya, Bupati Kotabaru mengatakan bahwasanya pada hari itu warga Desa Pramasan sedang melakukan penen raya buah jagung dari hasil penanaman mereka. Hal ini menunjukan bahwa lahan yang mereka tanam merupakan lahan yang bisa memperoleh hasil yang maksimal ketika dikelola dengan baik.

“Warga dapat panen, dan tanam jagung bersama menunjukkan bahwa lahan pertanian bila dikelola dengan baik akan memberikan hasil yang maksimal”, ujar Bupati.

Pemanfaatan, dan pengolahan lahan, lanjut Bupati, yang dijadikan perkebunan komoditi jagung di wilayah Kabupaten Kotabaru sangat berpotensi. Hal itu dapat dibuktikan oleh anggota kelompok tani ‘Rukun Makmur’ yang pada saat itu hasil panen mencapai lebih dari 9 ton / Ha.

Semua itu berkat kerjasama dan kerja keras para petani yang ada, sehingga patut diberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi petani tersebut, oleh karena kinerja yang disertai hasil panen yang maksimal itu akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

Bupati berharap, panen, dan tanam jagung bersama tersebut dapat memberikan motivasi bagi petani di daerah lain untuk melakukan pengolahan lahan pertanian secara baik, dan benar agar dapat meningkatkan taraf ekonomi kerakyatan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Akhmad Junaidi mengungkapkan, hal yang luar biasa bagi petani jagung khususnya kelompok tani ‘Rujun Makmur’, dan oleh karenanya buah yang mereka panen mampu menghasilkan pencapaian yang maksimal dalam nilai ubinan yakni 9,9 ton / Ha.

“Luar biasa panen mampu menghasilkan 9.9 ton/ha berdasarkan hasil nilai ubinan,” tandas Junaidi.

Junaidi berharap kepada para petani pada umumnya di Kabupaten Kotabaru mampu memanfaatkan lahan kosong yang masih produktif untuk dijadikan lahan perkebunan, dan baik melalui kelompok tani maupun secara pribadi.

Oleh karenanya dengan dapat memenfatkan lahan untuk berkebun yang menghasilkan panen maksimal akan dapat dijadikan penyokong ketahanan pangan serta dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Kotabaru itu sendiri. (rls/rzq)

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini