Lisda Arriyana : Porkab Barsel 2022 Ajang Tingkatkan Prestasi Olahraga

0
38
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana mengatakan, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di daerah ini.

“Karena, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mencari bibit-bibit berprestasi dari enam kecamatan,” katanya pada saat pembukaan Porkab Barsel 2022 yang berlangsung di Stadion Batuah Buntok. Newsbin, Pada Minggu, (20/11/2022).

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh atlet yang berasal dari enam kecamatan yang mengikuti Porkab Barsel 2022 ini dapat menjunjung tinggi sportivitas guna mendapatkan prestasi terbaik.

Karena menurut Lisda, porkab yang pertama kali dilaksanakan ini sebagai persiapan dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan dilaksanakan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur pada Juli 2023 mendatang.

“Porkab ini dilaksanakan dalam upaya untuk lebih meningkatkan prestasi, sebab prestasi atlet Barito Selatan pada iven olahraga tingkat provinsi sebelumnya masih kurang maksimal, dan karena dalam mempersiapkan atletnya dengan waktu singkat,” terangnya.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya porkab tersebut, prestasi olahraga dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga atlet Barito Selatan bisa mengharumkan nama daerah diajang olahraga tingkat provinsi maupun ditingkat nasional.

“Kita sangat menyambut baik dilaksanakannya Porkab dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel telah menyepakati untuk dianggarkannya pelaksanaan pekan olahraga tingkat kabupaten ini,” tambah dia.

Lisda Arriyana mengajak kepada seluruh wasit untuk dapat bekerja secara profesional dengan tidak memihak tim manapun, sebab ini merupakan ajang seleksi guna mendapatkan atlet yang terbaik.

Disamping itu, ia juga sangat bersyukur dengan terlaksananya porkab 2022, karena melalui kegiatan yang dilaksanakan ini akan membantu menambah pendapatan bagi UMKM di wilayah setempat.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Barito Selatan, Idariani menyampaikan, porkab ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan semenjak organisasi KONI terbentuk di wilayah setempat.

“Bagi atlet yang meraih prestasi terbaik dalam porkab tersebut akan menjadi utusan Barito Selatan untuk mengikuti porprov pada Juli 2023 mendatang,” katanya

Idariani juga menegaskan, tidak ada lagi asal pilih atlet yang akan mengikuti ajang olahraga tingkat provinsi, karena melalui porkab ini sebagai ajang seleksinya.

Pada kesempatan itu, Idariani juga mengucapkan terima kasih kepada penjabat bupati yang telah merespon cepat keinginan KONI Barito Selatan untuk melaksanakan porkab.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada tim badan anggaran DPRD yang juga menyetujui dianggarkannya kegiatan Porkab Barsel 2022,” tambah Idariani

Sedangkan ketua panitia, DR Manat Simanjuntak menambahkan, untuk jumlah atlet dan official dari enam kecamatan yang mengikuti Porkab Barsel 2022 ini sebanyak 525 orang.

“Adapun olahraga yang akan diperlombakan dalam porkab ini sebanyak 11 cabang olahraga yakni bulu tangkis, pencak silat, catur, sepakbola, futsal, voly, tenis meja, atletik, karate, bilyard, dan panahan,” jelasnya.

Acara pembukaan yang berlangsung di Stadion Batuah Buntok tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Berdasarkan pantauan awak Media, meskipun cuaca dalam keadaan hujan, dan kegiatan tersebut dihadiri ribuan orang penonton yang memadati stadion Batuah Buntok.

Dalam acara pembukaan porkab Barsel 2022 itu, atlet, dan official dari enam kecamatan melakukan defile, dan sebelumnya juga ditampilkan kreasi generasi muda di wilayah setempat.

Setelah itu ribuan penonton dihibur dua artis yang pernah mengikuti ajang KDI yakni Meisya Anggraini asal Kota Palangka Raya dan Waldi Mahendra asal Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan.

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini