Telaga Ngebel Merupakan Wisata Asli Sekaligus Rohnya Taman Wisata Di Ponorogo Jawa Timur

0
55
Iklan

Ponorogo Newsbin.Com – Telaga Ngebel merupakan danau yang terbertuk dari Alam, lokasi, dan letak dari Telaga Ngebel adalah di kaki gunung wilis, lebih tepatnya di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Newsbin, Pada Minggu, (27-11-2022).

Telaga Ngebel ini tidak jauh dari pusat kota Ponorogo yaitu sekitar 30 Km. Letaknya yang strategis di kaki Gunung Wilis membuat Telaga Ngebel dipadati wisatawan ketika musim liburan apalagi pada hari minggu.

Telaga Ngebel memiliki luas kurang lebih 5 Km dengan suhu rata-rata 20-26 Derajat Celcius. Telaga Ngebel merupakan salah satu obyek wisata andalan Pemkab Ponorogo. Pada moment tertentu sering diadakan acara larung sesaji di Telaga tersebut.

Tujuan digelarnya upacara larung sesaji semata-mata demi kepentingan promosi pariwisata. Berkunjung ke telaga berhawa sejuk sekitar 20 derajat Celsius itu akan melewati jalan sedikit menanjak, dan berkelok-kelok.

Sepanjang perjalanan juga mengasyikkan. Anda harus berhati-hati karena lebar jalan yang relatif sempit dan di sisinya terdapat jurang. Memasuki pintu gerbang sekaligus pembelian tiket seharga Rp 15.000 per orang suasana sejuk mulai terasa.

Anda bisa memilih berkeliling telaga terlebih dahulu sebelum menikmati berbagai suguhan pendukung objek wisata itu. Setelah mengitari pinggiran telaga dengan ciri kedalaman airnya berbentuk V atau cekungan dalam di bagian tengah itu, Anda bisa beristirahat untuk menikmati pamandangan air yang tampak lebih indah jika mendapat sinar mentari.

Selain bisa berfoto-foto dengan latar belakang perpaduan air dan hijaunya tebing yang mengelilingi. Atau jika Anda beruntung bisa memandukan latar belakang dengan birunya awan.Anda juga bisa menikmati sajian kuliner dengan lauk ikan air tawar yang dihasilkan dari telaga tersebut.

Terdapat puluhan warung berbagai jenis di pinggir telaga itu. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata air dengan menaiki perahu bebek atau bus air di telaga tersebut.

Berputar-putar di telaga itu dapat dilakukan bersama-sama karena dalam satu perahu bisa diisi beberapa orang. Tarif perahu per orang bisa sewa atau satu perahu Rp100.000.

Telaga Ngebel ini tak lepas dari sebuah cerita yang di hubungkan dengan terbentuknya telaga ini, dalam cerita tersebut menyebutkan adanya seekor ular yang merupakan jelmaan Patih Bantaran Angin yang bernama Baru Klinting.

Pada awalnya Patih Bantaran Angin sedang bermeditasi dengan berwujud seekor ular, dan ada seorang yang tak sengaja membawa ular tersebut ke desa, dan pada saat sampai di desa ular tersebut berubah menjadi seorang anak kecil.

Singkat cerita, anak tersebut membuat sayembara dengan menancapkan sebuah batang lidi ke tanah, danan menyuruh warga desa mencabut batang tersebut namun tidak ada yang bisa mencabutnya, dan yang bisa mencabut hanyalah anak kecil yang menancapkan tadi, dari lubang tersebut muncul sumber air yang menggenang hingga terbentuk menjadi sebuah Telaga. Masyarakat di sana menyebutnya sebagai danau atau Telaga Ngebel, yang berarti telaga dengan aroma menyengat.

Jika berwisata ke Telaga Ngebel, tidak perlu repot bagi yang ingin menginap dan menikmati suasana malam di Telaga Ngebel apalagi bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah, karena ada beberapa penginapan yang ada di sekitar Telaga Ngebel.

Rute untuk menuju Wisata Telaga Ngebel sangat mudah di jangkau, walaupun ada angkutan umum yang mengarah kesana tapi alangkah enaknya jika kesana menggunakan Mobil/Motor Pribadi.

Dari arah kota Ponorogo Anda bisa menuju arah timur dengan rute Kota Ponorogo, Jenangan, Ngebel dan kita bisa melihat Papan Penunjuk yang banyak terpasang di jalan raya dan tidak akan susah menuju Telaga Ngebel. Dan juga bisa dengan rute Madiun, Dolopo, Ngebel.

Red : DK88LHI

Burhan

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini