Tim Penggerak PKK Kotabaru Buka Lounching DasHat, Dan Penguatan Kampung KB

0
50
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru Hj.Fatma Idiana Sayed Jafar membuka secara resmi Lounching Dapur Sehat Atasi Stunting (DasHat) dan Penguatan Kemitraan Kampung KB dalam rangka percepatan pengurunan stunting yang di kemas dengan Program Rampa Berkah pada Rabu (07/12) di Desa Rampa, Kecamatan Pulaulaut Utara,Kotabaru, Kalsel. Newsbin, Pada Jum’at, (09/12/2022).

Hj.Fatma Idiana memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada penyelenggara peserta yang bergabung dalam acara ini. Ia berharap melalui acara ini semangat dan kompak bersatu untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Kotabaru.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, lanjut Hj. Idiana, menegaskan target penurunan stunting 14% hingga tahun 2024, sebagaimana Perpres No.72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Kemudian Perban No.12 tahun 2021 (RAN PASTI) adalah bagian atau upaya dari melaksanakan strategi nasional percepatan penurunan stunting Perpres No. 72 tahun 2021.

Salah satu bentuk intervensi stunting adalah pemberian makanan bergizi seimbang bagi keluarga resiko stunting dengan optimalisasi bahan pangan lokal dalam kegiatan DA wHAT di Kampung Keluarga Berkualitas (DASHAT)

Sebagai Aksi Nyata di lapangan perlunya di bentuk Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT) terutama di Kampung KB untuk membantu percepatan penurunan stunting di kabupaten Kotabaru

Dengan Adanya Dashat ini di harapkan terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, bumil/busul, dan keluarga risiko stunting Diperolehnya pengetahuan, dan keterampilan penyiapan pangan sehat, dan bergizi berbasis sumber daya local Meningkatnya kesejahteraan keluarga, melalui keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga/masyarakat yang berkelanjutan. Perlunya Koordinasi lintas sektor yang erat dalam percepatan penurunan stunting stunting

Berbagai program dan kegiatan yang dijalankan di Kabupaten Kotabaru dalam rangka penanganan stunting, saya harap dapat dilaksanakan secara sinergitas.

melalui pengaktifan peran pemerintah, perguruan tinggi, swasta, masyarakat, dan media.

Saya harap dapat tercipta keakuratan dan keterpaduan data dalam sistem pelaporan apapun, sehingga tidak ada kekeliruan dalam analisis data dan permasalahan, sebagai dasar perencanaan intervensi Demikian sambutan ini kami sampaikan, dan sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh undangan Audit Kasus Stunting Kabupaten Kotabaru.katanya.

Ditambahkan Ir.Sri Sulistiyani Kepala DPPPAPKB mengatakan untuk program kemitraan penguatan kampung KB di desa rampa, jadi kegiatan hari ini karena desa rampa ini merupakan desa kampung KB jadi kampung KB bukan hanya kampung keluarga, tapi sekarang kampung KB adalah kampung keluarga berkualitas, dan jadi dengan ditetapkannya desa rampa menjadi lokus stunting mudah-mudahan kegiatan penguatan kemitraan kita pada hari ini dengan lintas sektor terkait pada hari ini yang kita harapakan untuk pencegahan stunting terutama di desa rampa yang merupakan lokus kampung KB.jelasnya.

Hadir dalam acara ini adalah BKKBN Provinsi Kalsel Sopyan beserta rombongan,Sekretaris DPPPAPKB,Camat Pulau Laut Utara,Kepala Desa Rampa dan Kader Posyandu. (rzq)

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini