Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Pelantikan Pengurus (KTNA), Dan (PERHIPTANI) DPD Kota Sukabumi periode 2022 – 2027

0
201
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Bertempat di Penggilingan Padi Jl. Proklamasi Kp. Cikundul Girang Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Kota Sukabumi telah dilaksanakan Pelantikan Pengurus Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan Perhimpunan Penyuluh Pertanian (PERHIPTANI) DPD Kota Sukabumi periode 2022 – 2027, yang diikuti oleh 200 orang, pada kesempatan ini, selaku penanggungjawab kegiatan Sdr. H. Nurzaman, Ketua KTNA Kec. Lembursitu. Newsbin, Pada Jum’at, 16/12/2022.

Penyampaian H. Nurzaman sebagai Ketua KTNA Kec. Lembursitu, “Acara ini berkolaborasi dengan dua Lembaga yaitu Lembaga KTNA, dan Lembaga PERHIPTANI. KTNA berfungsi sebagai wadah musyawarah, dan menampung aspirasi adalah salah satu Profesi salah satu Organisasi Profesi Penyuluh yang bersifat keilmuan, keahlian, persaudaraan, dan kemasyarakatan,” Ujarnya.

Ia juga menambahkan, “Dimana ternyata dalam kedua lembaga tersebut mempunyai tujuan yang sama mempunyai tujuan keinginan yang sama tujuannya ingin mempersatukan ingin memajukan para Petani yang ada di Kota Sukabumi.

Para Petani adalah bagian, dan sosok yang sangat penting dalam penyediaan pangan di Kota Sukabumi. Kami beserta Para Anggota memberikan edukasi, dan ilmu untuk memajukan para Petani tujuannya untuk mempertahankan ketahanan pangan yang ada Kota Sukabumi;” Jelasnya.

Sementara H. Ali Rahman sebagai Ketua KTNA, dan PERHIPTANI Kota Sukabumi periode 2022 – 2027 menyampaikan, “KTNA bertujuan Memajukan kesejahteraan kepada seluruh Petani khususnya Petani Kota Sukabumi.

Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para Petani yang telah memberikan kepercayaan saya sebagai Ketua KTNA Kota Sukabumi. Kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Pemerintah Kota Sukabumi, Kodim 0607/Kota Sukabumi yang telah mendukung kegiatan Pertanian.

Adapun Anggaran dalam kegiatan ini murni dari seluruh masyarakat yang peduli akan kemajuan Pertanian Kota Sukabumi,” Ungkapnya.

Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., pada kesempatan ini menyampaikan, “Atas nama Pemerintah Daerah Kota Sukabumi Saya mengucapkan selamat kepada Keluarga Besar KTNA Kota Sukabumi, dan PERHIPTANI yang hari ini Resmi dilantik secara kepengurusan,” Ucapnya.

“Indonesia ini dikenal sebagai Negara agraris Negara yang memiliki potensi sumber daya alam khususnya pertanian yang luar biasa. Luasan Pertanian Kota Sukabumi hanya 1.317 hektar karena semakin lama seiring dengan pertambahan jumlah penduduk ini terjadi alih fungsi lahan jadi saat ini luas lahan Pertanian hanya 1.317 hektar.

Pemerintah daerah telah berkomitmen untuk menetapkan yang dikenal dengan LP2B lahan Pertanian pangan berkelanjutan di Kota Sukabumi luasannya 425 hektar,” Tambahnya.

“Kami sering diingatkan oleh Pak Dandim agar Petani diberikan asuransi, intensif Alhamdulillah akhirnya kita asuransikan, dan berikan intensif kepada para petani. Kita menyadari benar dengan semakin berkurangnya lahan Pertanian di wilayah Kota Sukabumi maka ada dua hal yang harus kita siapkan di Kota Sukabumi dalam kerangka memberikan pelayanan ketahanan pangan yaitu :
Saya titipkan pesan kepada KTNA maupun PERHIPTANI yaitu jalankan Tiga Fungsi secara maksimal Fungsi pertama adalah Fungsi Advokasi, Fungsi Pendampingan, Fungsi Motivator, dan juga stabilisator,” Sambungnya.

“Kami ucapkan selamat menjalankan amanah menjalankan tugas dalam gerbong KTNA, dan juga PERHITANI mudah-mudahan dengan keberadaan kepengurusan yang baru KTNA, dan PERHITANI senantiasa bersinergi dengan Pemerintah untuk membangun ketahanan pangan yang lebih baik dari waktu – kewaktu,” Tutupnya.

Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P., M.M., M.Han., M.I.Pol., Dandim 0607/Kota Sukabumi, menyampaikan, “Saat ini pekerjaan untuk mencari penghidupan itu sudah semakin berkurang sebagian besar di Sukabumi ini terutama di bagian Utara termasuk juga di Kota itu mengandalkan industri, dan perdagangan.

Dari industri, dan perdagangan ini sudah signifikan, saya kemarin dapat laporan dari Dinas Tenaga Kerja, bahwa pengangguran saat ini sudah mencapai hampir 20.000 orang,” Ungkapnya.

Ia juga menambahkan, “Hampir 20.000 orang pengangguran ini berasal dari industri, dan pedagang. Hal ini sudah signifika dengan ini pejuang pangan ini akan muncul. Pejuang pangan bisa muncul perlu kerjasama yang baik dari Pemerintah Daerah selaku Pemegang Kebijakan kemudian Pelaku di lapangan yaitu para Petani, Peternak, dan Nelayan.

Penyambung antara mereka Organisasi atau kelompok seperti KTNA, dan Kelompok Tani yang lain jalankan Tiga Fungsi secara maksimal Fungsi Pertama adalah Fungsi Advokasi, Fungsi Pendampingan, Fungsi Motivator, dan juga stabilisator,” Ucapnya.

“Fungsi – fungsi ini masih pada tahap pengetahuan saja, saya berharap kedepan, dan sudah kita lakukan juga dalam bentuk yang lebih real. Kelompok Tani yang terdaftar dalam Dinas itu harus real, perlu dicek ulang sehingga nantinya kalau ini sudah sinergi datanya sudah valid kita untuk Pendistribusian.

Apabila ada bantuan dari Pihak Kementerian, Komisi di bidang Pertanian ini bisa lebih tepat sasaran. Bidang Pangan ini akan menjadi suatu pencerahan terutama juga nanti bagi para Penerus Generasi Bangsa kita, anak-anak muda. Bicara masalah pangan bicara masalah industri pangan bicara pertanian bicara peternakan Pemerintah itu baru mengcover 30 sampai 40% sisanya 60 sampai 71 dikuasai oleh sektor swasta,” Tambahnya.

“Kita juga bisa mengarahkan industri untuk meningkatkan sektor pangan nya, sehingga sektor pangan ini nantinya bisa menjadi tulang punggung dalam Keluarga. Antara sektor swasta, dan Pemerintah ini sebisa mungkin bersinergi hal ini menjadi PR kita kedepan,” Pungkas Dandim.

Hadir dalam kegiatan antara lain :
Drh. H. Slamet, DPR RI Komisi 4 Fraksi PKS, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M., Pd., Walikota Sukabumi, H. Sofyan, DPRD Provinsi Jawa Barat, Kompol Ana, Kabagren Polres Kota Sukabumi, Andri Setiawan, Ketua Asosiasi LP2B Kota Sukabumi.

Asep Halim, Sekretaris KTNA Provinsi Jawa Barat, Kapten Inf. Ojang, Pasiter Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kapten Inf Yuliadi, Danramil 0607-03/Baros, Sandra, Plt. Camat Lembursitu, H. Ali Rahman, Ketua KTNA, dan PERHIPTANI Kota Sukabumi Periode 2022 – 2027, Jajang, Ketua KTNA, dan PERHIPTANI Kota Sukabumi Priode 2016 – 2022, Para Lurah Se – Kec. Lembursitu, Seluruh Ketua KTNA tingkat Kecamatan Se – Kota Sukabumi, Para Anggota KTNA Se – Kota Sukabumi.

Pendim 0607 – Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini