Kasdim Ikut Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022

0
82
Iklan

Sukabumi Newsbin.Com – Bertempat di Lapangan Parkir Bus Terminal Tipe A Jl. Lingkar Selatan Kel. Sudajaya Hilir Kec. Baros Kota Sukabumi, telah dilaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022, dalam rangka “Pengamanan Natal, dan Tahun Baru/2023”. Newsbin, pada Kamis,22/12/2022.

Kepala Staf Kodim 0607/Kota Sukabumi Mayor Inf. Suntoro mewakili Dandim menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022, dalam rangka “Pengamanan Natal, dan Tahun Baru 2023” yang diselenggarakan oleh Polres Sukabumi Kota yang diikuti sekitar 300 orang.

Selaku Pimpinan Apel Achmad Fahmi, S. Ag., M., M.Pd., Walikota Sukabumi, yang juga membacakan
Amanat Kapolri, “Saya mengucapkan terima kasih, dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mengikuti Apel Gelar Pasukan PAM Natal, dan tahun baru 2023. Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Personil maupun Sarana Prasarana. Diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal, dan sinergi sehingga perayaan Natal 2022 serta tahun baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif,” Ungkapnya dalam sambutan.

Bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali sehingga Pemerintah memberikan kelonggaran berbagi aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM level 1.

Momentum Nataru memang ditunggu – tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghunjung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini, oleh sebab itu Polri dengan dukungan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta Stakeholder terkait, menggelar Operasi terpusat dengan sandi Operasi lilin 2022.

Sebagai acuan lakukan sosialisasi secara masif sebelum merekayasa lalu lintas sehingga masyarakat terinformasi dengan baik pelayanan terhadap pengguna roda Transportasi Umum di Bandara Terminal, dan Pelabuhan.

Melakukan pengaturan jadwal keberangkatan, dorong pembelian tiket secara online, lakukan pengaturan arus keluar masuk bersama Stakeholder, Intensifkan Patroli jalan kaki dalam rangka Sosialisasi Prokes, dan mencegah terjadinya kejahatan.

“Tingkatkan Patroli pada daerah rawan, dan Objek Vital serta lakukan Sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan, dan tempat tinggal terutama kepada masyarakat yang bepergian,” Ucapnya.

“Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius perlu saya tekankan bahwa aksi terorisme seperti di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi maka kedepankan deteksi dini, dan Preventif guna mencegah aksi-aksi terorisme serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror,” Ujarnya.

“Khusus pada Pengamanan tempat Ibadah Natal, pastikan setiap lokasi Ibadah dilakukan Sterilisasi yang melibatkan TNI, BNPT, Brimob, dan Densus selain itu di bagian elemen masyarakat juga termasuk Ormas Keagamaan dalam pengamanan Ibadah Natal sebagai wujud Toleransi Beragama,” Jelasnya.

“Pada pengamanan Objek Wisata akses jalan menuju Objek Wisata jangan sampai terjadi kemacetan sediakan lokasi parkir, dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik sedangkan pada pengamanan perairan malam tahun baru lakukan pengecekan izin kegiatan keramaian dengan melaksanakan assessment bekerja sama dengan penyelenggara, dan stakeholder terkait terutama kegiatan – kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah yang besar,” Tambahnya.

Hadir dalam kesempatan kegiatan ini antara lain,
AKBP Sy. Zainal Abidin S.I.K., Kapolres Kota Sukabumi, Mayor Inf Suntoro, Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Tri S., SH., Kasi Pidum Kejari Kota Sukabumi, Samsul Puad, SAg., MH., Kepala Kementrian Agama Kota Sukabumi, Ayi Jamiat, Plt. Kepala Dishub Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan, S.T., MT., Kaban Kesbangpol Kota Sukabumi,
H. Imran Wardani, Kalak BPBD Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo, Kepala PMII Kota Sukabumi, Para PJU Polres Kota Sukabumi,

Adapun susunan Pasukan Apel : Kodim 0607/Kota Sukabumi, Sub Denpom III/1-2 Kota Sukabumi, Polres Kota Sukabumi, Satpol PP Kota Sukabumi, Dishub Kota Sukabumi, Damkar Kota Sukabumi, BPBD, dan PMI Kota Sukabumi.

Setelah Upacara Selesai, Acara dilanjutkan Pemeriksaan kendaraan Ops Lodaya, dan pemusnahan barang bukti miras Tahun 2022.

Pendim 0607 – Red Newsbin.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini