Petugas Gabungan Karhutla Barsel, Padamkan Api Seluas 5 Hektar

0
30
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – Dengan sigap petugas gabungan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), padamkan api yang membakar rawa seluas 5 hektar di Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan. Newsbin, Pada Rabu, (18/01/2023) Sore.

Saat dikonfirmasi awak Media, Kepala Pelaksana (kalak) BPBD Barsel, Alip Suraya, SP, MM. melalui Kasi Kedaruratan Dan Logistik, Suwono, S, AP. mengatakan, pemadaman dilakukan selama 3 jam lebih mulai dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

“Alhamdulillah atas kerjasama semua tim, api bisa kita padamkan sekitar kurang lebih 3 jam,” ucap Suwono.

Ia membeberkan, saat melakukan pemadaman pihaknya terkendala dalam menjangkau titik api yang sejauh 500 meter dari jalan raya. Selain itu, kondisi rawa-rawa juga cukup menyulitkan para petugas memadamkan api.

“Kita memblok api itu supaya cepat padamnya, karena asap juga mempengaruhi pandangan saat itu,” terangnya.

Guna mengatasi kejadian serupa, BPBD Barsel sudah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang selalu standby serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang memiliki hobi memancing untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok.

“Untuk penyebab karhutla masih dilakukan penyelidikan, tapi kita imbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap menggunakan api,” pungkasnya.

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini