Tim Gabungan Karhutla Barsel Padamkan Api Di Danau Malawen Dengan Cepat

0
27
Iklan

BUNTOK, Newsbin.Com – Tim Gabungan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Berjibaku memadamkan kobaran api, yang membakar lahan sekitar 5 hektare di sekitar Danau Malawen Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, sekitar pukul 14.30 WIB. Newsbin, Pada Rabu, (18/01/2023) Sore.

Adapun tim gabungan Karhutla Barsel tersebut yakni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar) Kodim 1012 Buntok, Personil Anggota Polres Barsel, UPT. KPHP Barito Hilir, Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Pamait, dan Sababilah serta tim relawan lainnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Barsel Ganda Daya Bina,SH melalui Kabid Damkar Piad John,S.,Hut saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp Selasa, 17 Januari 2023 mengatakan, pertama kali mengetahui informasi tersebut dari masyarakat yang menghubungi pihaknya bahwa terjadi karhutla di Danau Malawen.

Mendapatkan informasi tersebut seluruh personil Damkar Barsel langsung bergerak cepat mendatangi lokasi karhutla.

“Dengan menurunkan seluruh unit armada mobil truk tangki Pemadam kebakaran (Fire Fighter) dari mako damkar, 1 unit truk angkutan, 1 unit mobil comando, dan 2 unit mesin apung penyedot Air,”Katanya.

Menurutnya, kejadian sekitar pukul 14.30 WIB dengan luas lahan yang terbakar sekitar 5 haktare ,dan api berhasil dijinakan/dipadamkan oleh tim gabungan sekitar 3 jam.

“Pada saat kejadian, cuaca sangat panas terik matahari, hujan pun jarang turun beberapa minggu yang lalu, dan sedikit berangin, yang memicu api mudah membesar”Jelas Piad John.

Ia berharap, kepada masyarakat dihimbau agar tidak membakar hutan, dan lahan dengan sembarangan. Mari kita sama-sama, menjaga hutan kita agar tetap hijau, dan lestari.

Apabila ada melihat karhutla, yang apinya masih kecil tolong segera dimatikan jangan sampai apinya membesar, dan tidak dapat tertangani.

“Terkait asal muasal api, apakah memang ada yang sengaja membakar atau terbakar sendiri, mengingat Daerah hutan itu Tanahnya Gambut dan mudah terbakar dikala musim kemarau, belum diketahui pasti penyebab terjadi kebakaran Hutan, dan Lahan di hutan Desa Pamait kecamatan Dusel tersebut, dan masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib,” Tutup Piad John.

(Herman)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini