PJ Bupati : Musrenbang Bahas, Dan Sepakati Langkah Penanganan Program Prioritas

0
152
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana menyebutkan Musrenbang Kecamatan salah satu kegiatan membahas, dan menyepakati langkah penanganan program prioritas. Hal tersebut disampaikan Pj Bupati saat menghadiri Musrenbang RKPD atau Musrenbang tingkat Kecamatan Dusun Hilir. Newsbin, Pada Selasa, 14/02/2023.

“Musrenbang RKPD ini suatu forum antar pemangku kepentingan untuk membahas, dan menyepakati langkah-langkah  program prioritas yang tercantum dalam rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang terintegrasi dengan prioritas Kabupaten,” Kata Lisda Arriyana.

Ia mengatakan tujuan utama kegiatan ini membahas, dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa menjadi prioritas pembangunan wilayah Kecamatan.

Kemudian prioritas pembangunan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan Desa. Dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah Kabupaten.

“Artinya Musrenbang Kecamatan salah satu sarana menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD untuk tahun 2024 mendatang,” Jelas dia.

Menurutnya Pemkab Barsel juga menetapkan arah kebijakan pembangunan selaras dengan Pemprov Kalteng.

Arah kebijakan tersebut, lanjut dia, diantaranya mendukung pelaksanaan program prioritas nasional, dan Provinsi Kalteng, peningkatan iklim investasi daerah yang kondusif, peningkatan pelayanan publik.

Kemudian pengelolaan pemerintahan yang baik, perbaikan kualitas sarana, dan prasarana infrastruktur daerah, peningkatan kualitas SDM, dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, “Hal ini diharapkan menjadi acuan dalam memilih, dan memilah usulan prioritas atau tidaknya,” Jelas dia.

Sementara untuk usulan skala kecil, sambung dia, diupayakan pelaksanaannya melalui Dana Desa tahun 2024. Kedepan, pihaknya berharap ADD dan DD secara bertahap akan menjadi sumber utama pembiayaan pembangunan dalam Skala Desa.

Herman.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini