Kakanwil DJPb Kalsel Apresiasi Kades Gunung Ulin Dalam Pemanfaatan Dana Desa

0
158
Iklan

Kotabaru Newsbin.Com – Dalam rangka menindaklanjuti intruksi Kementerian Keuangan RI, KPPN Wilayah Kalimantan Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten
Kotabaru. Newsbin, Pada Minggu, 19/02/2023.

Bertujuan untuk melihat
langsung serta berdiskusi atas pemanfaatan dana desa yang diperuntukkan pembangunan sekaligus menggali
berbagai masukan untuk perbaikan kebijakan dana desa.

Kunjungan yang dilaksanakan pada Sabtu (18/02) di Aula Kantor Desa ini adalah menjalankan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Kanwil Ditjen Perbendaharaan yang diikuti oleh pejabat eselon II, eselon III, dan Eselon
IV Kanwil, dan KPPN se-Kalimantan Selatan.

Sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakannwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah, bahwa kedatangannya atas dasar intruksi Mentri Keuangan untuk melihat langsung pemanfaatan dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah di Desa Gunung.

Masih Sulaiman, dengan hadirnya ke Gunung Ulin pihaknya dapat menyerap aspirasi sekaligus mendapatkan berbagai informasi masyarakat secara langsung baik melalui kepala desa ataupun masyarakat itu sendiri, sehingga ketika ada kendala dapat segera dicarikan solusinya.

Tujuannya agar desa yang masih dalam kategori desa berkembang meningkat menjadi desa yang maju bahkan mandiri.

“Dengan hadir ke desa ini berarti dapat melihat secara langsung hasil pemanfaatan dana desa,” ujar Sulaiman.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada Kades Gunung Ulin beserta aparatnya atas upaya yang sudah maksimal dalam memanfaatkan dana desa,” lanjutnya.

Mengakhiri ungkapan, ia berharap Desa Gunung Ulin dapat segera merealisasikan untuk memajukan desanya sehingga bisa menjadi contoh bagi desa yang masih dalam kategori berkembang untuk menirunya.

Kepala Desa Gunung Ulin, Muhammad Penganten alias Anten mengucapkan terimakasih atas terpilihnya Desa yang ia pimpin mendapat kunjungan dari Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Ulun (saya) ucapkan terimakasih atas terpilihnya kunjungan dari provinsi ke desa kami, kami sangaaat berterimakasih”, ungkap Anten sembari terharu.

Sebelumnya, Anten sempat mengungkapkan isi hatinya (ada apa ini?) yang terkesan gugup karena kedatangan Kakanwil kalsel bersama jajarannya terkesan tiba-tiba.

Namun dibalik semua itu, Anten justru merasa mendapatkan hadiah dari pemerintah. Karena dengan kedatangan kakanwil kalsel justru memberikan peluang bagi desanya untuk menuju ketegori desa yang maju bahkan menjadi desa mandiri.

“Mungkin ini rejeki saya untuk melangkah menuju desa maju bahkan mandiri,” lanjut Anten.

“Informasi yang terkesan mendadak hingga dalam hati merasa bertanya-tanya, ada apa?. Namun dibalik itu, justru merasa ada hadiah buat desa kami, karena kedatangan beliau dapat memberikan pencerahan buat desa kami” , tutupnya

Senada dengan Camat Pulaulaut Utara , Ahhmad Junaidi yaitu ucapan terimakasih atas kedatangan kakanwil kalsel ke wilayahnya yakni Desa Gunung Ulin untuk melihat langsung terkait realisasi dana desa yang telah dikucurkan oleh pemerintah.

“Alhamdulillah dengan adanya dana desa, desa dapat mengelola sendiri serta dapat melibatkan tenaga /pekerja dari masyarakat itu sendiri”, kata Camat.

Lebih dari itu, imbuh Camat, Gunung Ulin merupakan penyuplai sayur mayur terbesar bagi masyarakat Kotabaru khusus di wilayah Pulaulaut termasuk 3 desa lainnya yakni : Gunung Sari, Sebelimbingan, dan Megasari.

Selain Kakanwil Kalsel, hadir dalam acara, Dinas DPMD Kotabaru melalui Penggerak Swadaya Masyarakat Desa, Suyoto, S.Sos, Kepala Kantor KPPN Kotabaru Retno Heryundari beserta kepala KPPN se Kalimantan Selatan, Camat Pulaulaut Utara, Ahmad Junaidi, Sekretaris Pabdesi H. Sunarto, dan Babinsa Gunung Ulin, Koptu Mulyadi. (rzq)

Red Newsbin

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini