Lisda Arriyana Membuka Bimtek Tata Kelola Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes

0
126
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana membuka bimbingan teknis tata kelola keuangan desa berbasis aplikasi Siskeudes terbaru V.2.0.5. di hotel Afiat Jaya, Buntok. Newsbin, pada Senin, 27/02/2023.

Lisda mengatakan sesuai dengan Permendagri nomor 20/2018 tentang pengelolaan keuangan desa yang sebelumnya diatur dalam Permendagri nomor 113/2014.

“Salah satu bentuk perubahan yakni menciptakan aplikasi sistem keuangan desa atau yang disebut dengan Siskeudes,” kata Lisda Arriyana.

Ia menyampaikan aplikasi ini dikembangkan oleh BPKP bersama direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri salah satu upaya meningkatkan kualitas serta memudahkan pengelolaan keuangan desa.

Dirinya pun berharap dengan perkembangan dan kemajuan teknologi memudahkan proses pengadministrasian keuangan khususnya bagi pemerintahan Desa.

“Kita meminta perangkat desa khususnya operator Siskeudes, dan Kaur keuangan atau bendahara meningkat pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan melalui bimtek tata kelola keuangan desa ini,” harap dia.

Ia menyebutkan pelatihan ini tidak hanya diberikan dalam bentuk teori, namun langsung dipraktekkan bagaimana cara menggunakan aplikasi ini dengan baik, dan benar.

Tak hanya itu, sambung dia, pihaknya juga melakukan pendampingan bagi setiap desa tidak hanya saat Bimtek namun berkelanjutan.

Ia menambahkan selain itu dari 86 Desa di Barsel baru 12 Desa yang telah mencairkan dana desa tahap pertama.

“Insya Allah pada minggu depan sudah 50 persen pencairan DD dan ADD tahap pertama,” kata dia.

Dirinya juga akan melaksanakan rapat bersama para Camat untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi karena masih ada beberapa desa yang belum mengajukan pencairan DD, dan ADD tahap pertama.

Herman.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini