Pj Bupati Barsel : Aplikasi Posyandu Online Permudah Pelayanan Kesehatan

0
137
Iklan

Buntok Newsbin.Com – Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana menyebutkan bahwa aplikasi posyandu online mempermudah Pelayanan Kesehatan. Hal tersebut disampaikan Pj Bupati usai acara launching dan sosialisasi aplikasi layanan posyandu berbasis online, di aula Bappeda. Newsbin, pada Senin, 27/02/2023.

“Aplikasi posyandu online ini berguna meningkatkan mutu, dan kualitas pencatatan, sehingga mempermudah pelayanan kesehatan,” kata Lisda Arriyana.

Ia mengatakan aplikasi posyandu online ini bagian dari program besar untuk Pemkab Barsel agar lebih sejahtera, dan berdaya saing. Sebab, manfaatnya sangat besar karena data bayi, dan kehamilan sang ibu tercatat dengan baik.

Ia menjelaskan aplikasi ini juga diharapkan mengangkat peningkatan kesehatan masyarakat Barsel cetak biru generasi mendatang yang ditentukan oleh 1.000 hari pertama kehidupan yang dimulai dari 9 bulan di kandungan.

Kemudian 2 tahun pertama pada 5 tahun usia balita. Perawatan balita ada pada posyandu sehingga bukan lagi menjadi kewajiban, namun suatu kebutuhan.

Oleh karena itu, sambung dia, pemerintah harus menyiapkan posyandu yang baik, kendala yang dialami selama ini di posyandu kurang rapi dalam melakukan pendataan, pelaporan, dan pengadministrasian.

Ia menyampaikan dengan aplikasi posyandu ini akan dapat memudahkan para petugas untuk mengatasi permasalahan melalui aplikasi posyandu online, “Para petugas tinggal mengentri data, baik ibu hamil maupun balita yang datang, data yang di entri mulai dari identitas, berat badan, vitamin, dan vaksin apa saja yang bisa diberikan,” Jelas dia.

Ia menambahkan data tersebut berada dalam satu ekosistem dengan puskesmas sehingga petugas kesehatan baik puskesmas maupun dinas kesehatan memiliki data yang sama.

Dalam hal melakukan pengecekan apakah balita atau ibu hamil tersebut kurang gizi atau faktor lainnya juga bisa dilihat lewat gadget masing-masing.

Kedapan Pihaknya akan melakukan pelatihan besar-besaran bagi kader posyandu sehingga aplikasi posyandu tersebut bisa segera diakses oleh semua kader.

Herman.

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini